Membangun Komitmen yang Kuat untuk Digitalisasi Sekolah Menuju Masa Depan yang Berkualitas

Dengan adanya digitalisasi sekolah, sekolah berharap dapat membangun lembaga pendidikan yang lebih baik. Dengan munculnya teknologi, sekolah menjadi lebih mudah dipahami dan lebih terorganisir. Proses pembelajaran, manajemen dan tata kelola sekolah menjadi lebih terukur dan jelas. Sistem digitalisasi juga memungkinkan transparansi yang lebih besar di lingkungan kerja sekolah. Berkat akses informasi dan data sekolah, baik siswa, orang tua maupun guru dapat lebih melihat dan memahami keadaan sekolah dan pembelajaran yang berkesinambungan. Hal ini meyakinkan semua orang yang terlibat bahwa sekolah berusaha melakukan yang lebih baik.

Selain itu, digitalisasi sekolah berperan penting dalam meningkatkan daya saing sekolah. Masyarakat umum memiliki kesan bahwa sekolah yang menggunakan teknologi informasi dan digitalisasi lebih berkualitas. Dengan bantuan teknologi, sekolah dapat menawarkan kepada siswa pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Penggunaan media digital dan platform pembelajaran online memberi siswa akses yang lebih fleksibel ke materi pembelajaran dan pengalaman belajar yang lebih menarik. Hal ini membawa nilai tambah yang positif bagi masyarakat, sehingga mereka menyukai dan mengakui sekolah yang telah menerapkan digitalisasi sebagai pilihan yang berkualitas.

Continue Reading

Apa itu story telling? Apakah penting di dunia pendidikan?

Mendongeng membantu membangun rasa percaya diri bahkan dalam kondisi sekarang ini. Mendongeng sangat bermanfaat tidak hanya dalam dunia pendidikan tetapi juga dalam dunia kerja.

Kebanyakan orang perlu bercerita di depan banyak orang, baik melalui gambar, suara atau kata-kata. Kegiatan mendongeng ini biasanya diajarkan sejak sekolah dasar. Kami tampak bangga berbagi kehidupan kami, tetapi terkadang kami gugup karena harus membagikannya di depan begitu banyak orang.

Namun, kegugupan membantu kita mendapatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan banyak orang. Oleh karena itu, bercerita di depan sekelompok orang terkadang dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk membangun rasa percaya diri siswa.

Continue Reading

Kisah Rama sukses dengan Story Teliing-nya

Dulu di sebuah SMA yang penuh dengan siswa kreatif dan bersemangat, ada sekelompok teman yang senang mendongeng. Mereka tidak hanya menceritakan cerita dengan kata-kata, tetapi juga dengan menggunakan alat digital yang menakjubkan. Inilah kisah tentang petualangan mereka dalam dunia mendongeng digital!

Di SMA ini, ada seorang siswa bernama Rama. Rama adalah seorang seniman yang berbakat dan suka membuat cerita. Dia selalu membawa mainan-mainannya yang unik ke sekolah. Saat teman-temannya sedang bermain bola di taman bermain, Rama akan duduk tenang di sudut dan mulai menggunakan imajinasinya untuk menciptakan cerita yang menarik.

Continue Reading

Bangsa Indonesia Berpotensi Jadi Basis Data Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu sektor teknologi dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Teknologi ini memungkinkan mesin dan komputer untuk melakukan tugas yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh manusia, seperti pengambilan keputusan, pengenalan wajah, dan penerjemahan bahasa. Aspek penting dalam pengembangan kecerdasan buatan adalah data. Informasi berkualitas tinggi dan berlimpah merupakan dasar yang kokoh untuk mengembangkan sistem kecerdasan buatan yang efisien dan akurat.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar dan potensi ekonomi yang kuat, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi basis data kecerdasan buatan yang penting. Berikut beberapa alasan mengapa Indonesia memiliki potensi tersebut:

Continue Reading

Sistem Informasi Sekolah: Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Digitalisasi dalam Kelola Sekolah

Di era teknologi yang terus berkembang, aplikasi sekolah dan sistem informasi sekolah menjadi fokus untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen sekolah. Digitalisasi sekolah menggunakan perangkat lunak sekolah telah membawa perubahan signifikan dalam cara  mengelola dan mengintegrasikan berbagai bidang pendidikan.

Sistem informasi sekolah adalah alat yang memungkinkan sekolah untuk mengelola data siswa, pengajaran, administrasi, keuangan dan banyak aspek lainnya secara terintegrasi. Dengan aplikasi sekolah yang komprehensif, guru, staf, dan administrasi sekolah dapat dengan mudah dan cepat mengakses informasi yang mereka butuhkan. Ini menghemat waktu dan tenaga dalam pemrosesan data dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Salah satu manfaat utama digital di sekolah adalah kemampuan untuk mengotomatiskan proses administrasi. Dengan perangkat lunak sekolah yang terintegrasi, tugas-tugas seperti membuat jadwal kelas, menjaga kehadiran siswa, mengelola dokumen akademik dan pelaporan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Ini memberi guru lebih banyak waktu untuk fokus pada kegiatan pembelajaran yang lebih bermakna dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat oleh staf sekolah dan pemimpin sekolah.

Continue Reading

Sistem Pendidikan Indonesia Disebut Semakin Terdigitalisasi

Pemerintah terus mendigitalkan sistem pendidikan Indonesia. Survei Google Indonesia menunjukkan bahwa digitalisasi sistem pendidikan Indonesia berjalan dengan baik.

“Kami melihat sistem pendidikan di Indonesia semakin terdigitalisasi,” ujar Shantanu Sinha, Director of Education Google, Senin, 22 Mei 2023, di kantor Google Jakarta.

Selain itu, menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah, yakni memprioritaskan kompetensi digital para guru. “Bagaimana membimbing sekolah agar mengutamakan literasi digital para guru,” ujarnya. Shantanu mengatakan guru perlu lebih memahami teknologi. Berikut adalah cara guru dapat menggunakan teknologi untuk belajar.

“Di mana teknologi perlu digunakan secara efektif di dalam kelas,” ujarnya. 

Mari kita tinjau lebih dalam mengenai pentinganya digitlisasi dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan adalah fondasi penting dalam pembentukan generasi masa depan yang kompeten dan berdaya saing. Untuk mencapai tujuan tersebut, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memainkan peran yang semakin penting dalam transformasi sistem pendidikan di Indonesia. Saat ini, Indonesia sedang mengalami gelombang digitalisasi yang semakin meluas, dan sektor pendidikan tidak terkecuali. Sistem pendidikan Indonesia kini telah masuk ke era digital yang memberikan peluang baru dalam proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum.

Continue Reading

Aplikasi Sekolah Berkelas vs Aplikasi Sekolah Gratis: Perbandingan Fitur dan Kualitas

Saat ini, aplikasi sekolah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi para siswa, guru, dan orang tua. Namun, dengan begitu banyaknya aplikasi sekolah yang tersedia, seringkali sulit untuk memilih aplikasi yang tepat.

Ada banyak pilihan aplikasi sekolah yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga berkelas. Namun, apa bedanya aplikasi sekolah berkelas dengan yang gratis? Apakah harga mempengaruhi kualitas fitur dari aplikasi sekolah?

Jika kamu mencari aplikasi sekolah yang berkelas, pasti kamu akan menemukan banyak pilihan aplikasi yang menawarkan berbagai fitur canggih seperti pembelajaran online, manajemen kelas, dan fitur keamanan yang tinggi. Tentu saja, semakin banyak fitur yang ditawarkan, semakin sebanding dengan harganya.

Continue Reading

2023 Saatnya Digitalisasi Sekolah dengan Aplikasi SendiriĀ 

 

Sekolah sekarang sudah semakin menggunakan teknologi untuk mempermudah proses belajar mengajar. Salah satu solusi yang banyak digunakan adalah dengan membuat aplikasi sendiri untuk digitalisasi sekolah. Kita akan membahas lebih detail tentang manfaat dan cara membuat aplikasi sekolah sendiri mulai dari persiapannya hingga implementa

Sekolah-sekolah di seluruh dunia mulai mengeksplorasi digitalisasi untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar. Bagaimana jika sekolah memiliki aplikasi sendiri yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa, guru, dan orang tua? Mari kita bahas lebih lanjut tentang manfaat dari digitalisasi sekolah dengan aplikasi sendiri.

Continue Reading