Punya Aplikasi Sendiri Menaikkan Branding.

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sudah maju pesat. Terlebih lagi di dalam perkembangan digitalisasi sekolah. Banyak sekolah yang sudah mempunyai aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Ada juga aplikasi yang mendukung sistem informasi sekolah.

Aplikasi-aplikasi tersebut tetap atas nama pihak ketiga atau perusahaan membuat aplikasi. Sehingga sekolahan tidak mempunyai nilai lebih untuk meningkatkan branding sekolah. Semakin sering memakai aplikasi yang ada semakin terkenal juga para penyedia aplikasi tersebut. Sehingga sekolahan hanya mampu untuk memakai tanpa merasakan nilai lebih dari pemakaian aplikasi tersebut. 

Continue Reading

Miliki Aplikasi Sekolah Sendiri

Nadiem Makarim, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam kuliah Umum Merdeka Belajar 2021 melalui kanal Youtube menyampaikan tentang program digitalisasi sekolah. Program yang sangat bagus untuk mengejar ketertinggalan pendidikan Indonesia dengan negera lain. 

Program tersebut juga sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang masih dilanda pandemi sampai saat ini. Akan tetapi, sebelum ke Program Digitalisasi Sekolah tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus terkait sarana dan prasarana sekolah terutama sekolah di daerah pedalaman Indonesia.

Continue Reading

Sekolah Anda mau naik kelas?

Digitalisasi sekolah sudah banyak yang menerapkannya. Apalagi kemarin saat pandemi dipaksa harus melakukan kelas online yang tidak mudah dilakukan oleh para guru. Tetapi beruntung sekali masa pandemi kemarin sudah bisa dilalui dengan adanya digitalisasi sekolah tersebut. Guru dan sisawa-siswi akhirnya menjadi sangat familiar dalam menggunakan zoom, google meet dan aplikasi lainnya guna menunjang keberlangsungan pembelajaran secara online.

Mari kita tinjau sejenak, apa digitalisasi sekolah itu? Digitalisasi sekolah merupakan sebuah intervensi yang mendorong penyediaan layanan cepat, otomatis, dan terbuka agar bisa sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi masa kini. Sekolah perlu meningkatkan layanan pendidikan melalui pemanfaatan berbagai platform digital sehingga dapat mengurangi kompleksitas, menambah inspirasi, meningkatkan efisiensi, serta memberikan pendekatan yang customized.

Continue Reading

Apa perlu Branding bagi Sekolah?

Saat ini jumlah sekolah swasta sungguh banyak jumlahnya. Banyaknya sekolah  swasta membuka kemungkinan  persaingan untuk  mendapatkan siswa  baru tiap  tahunnya.  Tahun Ajaran  Baru selalu menjadi waktu-waktu genting. Fokus kegiatan lembaga pendidikan  pada  bulan-bulan  itu  selalu  meliputi  2  hal.  Pertama  Ujian Nasional, dan ke dua bagaimana mendapatkan siswa baru yang sesuai target baik dari segi jumlah maupun kualifikasi calon siswa.

Untuk memenangkan persaingan tersebut maka sungguh layak kalau kita sudah mulai memikirkan sekolah harus di kelola dengan membangun branding. Selama ini, branding banyak dikenal hanya digunakan untuk sektor bisnis yang mengeluarkan produk saja. Padahal, sektor jasa pun tidak kalah pentingnya dilakukan branding. Salah satu sektor jasa yang membutuhkan branding ialah sekolah. Bagi sebagian orang mungkin terdengar aneh, kenapa sekolah perlu di branding? Bukankah cukup hanya dengan memperbaiki kualitas ajar guru dan murid yang cerdas?

Continue Reading

Bangun Kreatifitas Anda

Pada suatu ketika, ada seorang guru yang bercerita pada rekannya yang jauh lebih senior dari dia tentang peristiwa lucu yang barusan terjadi di kelasnya. Ia berkata: “Tadi ada peristiwa lucu deh, Aku kan bertanya pada murid-murid begini, Hayo anak-anak, setengah dari delapan itu berapa? Ada yang bisa jawab?" Terus, kamu tau kan si Maru yang bajunya itu kadang suka kumal itu. Masa ia menjawabnya begini, "Nol Bu Guru," “Hahaha, Aku kan bilang salah! Eh dia ngotot bahwa jawabannya benar. Hahaha dasar bodoh banget!”

Sang senior dengan muka serius dan tidak nampak tertawa, ia manggut-manggut & tampak berpikir. Lalu ia berkata: “Coba buang dulu jawaban kamu dari otak kamu. Pikirkanlah sebuah angka 8. Angka itu terdiri dari dua angka 0 - nol - yang dilekatkan satu di atas dan satu dibawahnya. Jadi kalau setengahnya kira-kira angka berapakah?”

Continue Reading

7 Manfaat Sekolah yang Penting Diketahui

Anda sebagai orang tua ingin menyekolahkan anak Anda? Baca dulu pembahasan dalam artikel kami ini untuk menambah wawasan Anda.

Ada beberapa manfaat sekolah yang harus diperhatikan. Terutama bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya pertama kali. Pendidikan di sekolah sangat bermanfaat untuk generasi muda kedepannya. Yang dimaksud sekolah adalah dengan memasukkan anak di instansi pendidikan formal yang sudah diakui oleh Dinas Pendidikan sehingga ketika anak berhasil lulus dari belajarnya akan mendapatkan ijazah yang menjadi bukti tertulis jika si anak sudah selesai belajar di instansi pendidikan tersebut. 

Continue Reading

Masih Lupa Pembayaran Uang Sekolah?

Di era globalisasi saat ini, seluruh aspek kehidupan kita sudah tidak dapat terpisahkan lagi dari penggunaan teknologi dan internet, bahkan inovasi penggunaan teknologi tersebut sudah mulai merambah  bidang pendidikan. Di Indonesia, sudah banyak sekolah di kota besar yang mengimplementasikan sistem informasi administrasi dan akademik berbasis online yang efektif dan efisien.

Sebelum sistem ini diterapkan biasanya ada beberapa hal yang dilupakan oleh orangtua, antara lain:

  1. Lupa jatuh tempo pembayaran SPP sekolah
  2. Lupa jatuh tempo cicilan uang gedung/uang kegiatan

    Continue Reading

Masih perlu manajemen keuangan secara digital di sekolah?

Tidak dipungkiri selama ini sebuah sekolah berjalan itu membutuhkan dana. Dan bidang keuangan di sekolah juga mempunyai pekerjaan yang tidak bisa diabaikan. Secara umum, bidang keuangan di berbagai lembaga memiliki tugas yang sama. Khususnya di sekolah, berikut tugas-tugas bidang keuangan yang dapat lihat seperti:

  • Memastikan pembayaran sekolah dari orang tua.
  • Mencatat dan menagih pembayaran uang sekolah yang terlambat.

    Continue Reading