Selamat Tinggal Sekolahku, Saatnya Metaverse Learning

Beberapa bulan lalu, diakhir tahun 2021 kita sempat heboh membahas dan mengevaluasi PJJ yang diselenggarakan sekolah-sekolah di Indonesia. Mulai muncul sanggahan-sanggahan yang mengarah pada PJJ yang membuat pendidikan kita tidak maju. Bahkan sebagian orang mengkritik PJJ mengakibatkan menimbulkan LOST LEARNING. Banyak anak murid yang dianggap tidak optimal belajarnya. Sistem pembelajaran jarak jauh atau terus dikenal digitalisasi sekolah dianggap mempunyai dampak buruk bagi perkembangan dunia pendidikan Indonesia saat ini. Padahal yng memang belum siap untuk melakukan PJJ adalah para siswanya yang perlu diajari dulu tanggung jawab pribadi melakukan pembelajaran mandiri. Untuk para gurunya juga dilatih untuk mengenal digital mindset sehingga mampu menyelenggarakan kelas virtual yang menarik, bukan hanya memindahkan kelas offline ke kelas online.

Lucunya kita sedang heboh hal tersebut (cocok tidaknya PJJ), sedangkan di negara-negara maju sudah memikirkan pola pendidikan tidak hanya sistem informasi sekolah, juga bukan digitalisasi sekoah, tetapi sudah memikirkan pendidikan kedepan yang berbasis teknologi metaverse. Bernard Marr melalui bukunya yang berjudul Extended Reality In Practice, memaparkan pendidikan dari 3 sisi seperti virtual reality, augmented reality dan mixed reality. Melihat peran strategis teknologi dalam pembelajaran di kelas maupun pembelajaran mandiri. 

Continue Reading

Bahaya Pakai Fingerprint

Sensor fingerprint adalah sebuah perangkat teknologi yang memanfaatkan sidik jari sebagai media identifikasi penggunanya. Cara kerja sensor fingerprint adalah dengan merekam gambar digital pada pola sidik jari. Dari hasil rekaman tersebut kemudian dijadikan sebagai sebuah template biometrik yang disimpan dan digunakan untuk pencocokan identitas sesorang atau penggunanya.

Perkembagan sensor fingerprint pada awalnya digunakan pada bidang keamanan dan pemerintahan untuk keperluan pendataan kependudukan serta penegakan hukum. Kemajuan teknologi membawa perubhana juga kepada peran serta dari identifikasi sidik jari. Kini penerapan sistem keamanan menggunakan sensor sidik jari sudah mulai banyak digunakan oleh individu / personal, bukan lagi hanya digunakan oleh lembaga atau perusahaan, bahkan sekolah-sekolah yang berorientasi pada kemajuan teknologi juga memakainya. Digitalisasi sekolah salah satunya harus mempunyai sistem informasi sekolah yang juga terintegrasi dengan absensi digital.

Continue Reading

Inovasi Sekolah Sejahtera, kolaborasi Kamadeva dengan Koperasi Sasuka Online Indonesia

Apa yang bapak dan ibu ingat ketika mendengar kata “koperasi”? Apa yang terbayang pertama kali? Kemungkinan besar jika kita adalah orang yang jarang berurusan dengan koperasi, kita akan teringat masa dimana kita membeli pensil atau buku tulis di “koperasi sekolah”. Atau jika anda termasuk penggemar pelajaran ekonomi, mungkin akan teringat dengan istilah SHU atau sisa hasil usaha :)

Untuk meng-upgrade ekosistem digital di lingkungan sekolah, Kamadeva bekerjasama dengan Koperasi Sasuka Online Indonesia, yang merupakan koperasi konsumen yang mencoba berinovasi di era dimana saat ini semua serba digitalisasi. Kami hadir dengan solusi inovasi digitalisasi melalui aplikasi bernama “SatuAja”.

Dan sebagai koperasi konsumen, kami mencoba untuk memberikan sebanyak mungkin layanan bagi anggota kami. Sebagai mana kita ketahui bersama, model bisnis koperasi sedikit berbeda dengan bisnis-bisnis lain di luar sana, karena sebuah koperasi sangat peduli pada kesejahteraan para anggotanya.

Nah…yang jadi pertanyaannya sekarang adalah…KOK BISA? Memangnya SatuAja itu koperasi yang seperti apa? Apa bedanya dengan koperasi lain di luar sana? Dan yang paling penting….apa yang bisa di lakukan koperasi agar bisa membuat “saya” sejahtera.

Sebelum masuk ke kesejahteraan para anggota, ada baiknya kita bahas sedikit mengapa issue “kesejahteraan” kami bawa kepada sekolah.

Kami menangkap masalah finansial menjadi salah satu sumber baik dan tidaknya layanan pendidikan yang di berikan oleh pendidik. Apabila pendidik sejahtera, maka paling tidak fokus dan layanan kepada peserta didik akan lebih baik.

Menurut anda, siapa saja Anggota Koperasi di sekolah, apabila di lingkungan sekolah? Apakah Guru? Apakah Karyawan? Atau siswa?

Inovasi dan skema kesejahteraan yang kami tawarkan ke sekolah meliputi seluruh elemen di sekolah, mulai dari guru, karyawan, siswa bahkan para orang tua siswa juga kami ajak untuk bersama-sama bergabung, agar dapat sejahtera bersama-sama :)

Dan karena keanggotaan ini terbuka secara online dan dapat di ikuti oleh siapa saja, maka dapat kita bayangkan bersama apabila anggota saling bahu membahu, berapa besar potensi kesejahteraan yang akan di terima oleh para anggota.

Continue Reading

Profesi-profesi di era DIGITAL

Masa sekarang adalah masa aplikasi sekolah, sistem informasi sekolah, aplikasi bisnis, sistem informasi bisnis dan lainnya. Inilah masa awal era digitalisasi, kami katakan masa awal karena ini akan terus berkembang semakin maju. Lalu bila era digitalisasi maka akan mucul pula profesi baru. Mari kita cermati profesi-profesi yang akan booming di masa akan datang. Profesi tersebut diantaranya adalah:

Content Writer
Saat ini banyak sekali perusahaan yang memiliki website sendiri dan membuat beberapa konten tertentu untuk memasarkan produknya atau sekadar memberikan informasi. Maka dari itu, profesi sebagai content writer saat ini sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk menjadi seorang content writer, tentunya kamu harus memiliki keahlian dalam penulisan blog atau konten, research yang baik, dan juga bisa mendeskripsikan suatu produk baik barang atau jasa dengan jelas.

Continue Reading

Sekolah Juga Harus Tahu Ini

Banyak diantara kita yang mungkin sudah tertanam pikiran sejak dulu tentang ungkapan seperti ini: sekolah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Berarti banyak orang menggantung masa depannya di sekolah, menggantungkan harapan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Kami menyadari bapak-ibu guru juga sudah sangat paham peran serta mereka dalam mempersiapkan siswa-siswinya supaya bisa meraih cita-cita mereka masing-masing. Siswa-siswi sudah menyadari bahwa mereka sekolah demi masa depan yang lebih baik. Demi meraih cita-cita profesi yang akan mereka jalani lulus dari  sekolah.

Nah… ini yang ingin kami sharing kepada bapak/ibu guru, bahwa tantangan di era digitalisas benar-benar dengan cepat mengubah wajah dunia. Demikian juga diera digitalisasi ada beberapa pekerjaan yang akan hilang atau saat ini justru sudah hilang. Dan di masa digitalisasi ini akan muncul jenis-jenis pekerjaan baru. Makanya pemerintah juga membuat program digitalisasi sekolah (termasuk menyiapkan aplikasi sekolah atau sistem informasi sekolah) sebenarnya dala rangka menyiapkan anak didik (siswa-siswi) untuk melek teknologi, melek era digitalisasi dan melek akan profesi-profesi baru.

Continue Reading

Keunggulan Aplikasi Sistem Informasi Sekolah SISKO

Saat ini beberapa sekolah dalam melakukan bermacam kegiatan administrasi sekolah menggunakan Aplikasi dan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh sekolah-sekolah adalah SISKO dari Kamadeva. Kehadiran SISKO adalah memberikan kemudahan bagi penggunanya. SISKO adalah sistem informasi sekolah yang berbasis web yang digunakan untuk memfasilitasi beberapa kegiatan administrasi sekolah.

SISKO memberi kemudahan dalam proses administrasi yang cukup rumit dengan tujuan agar lebih mudah. Seperti untuk penerimaan siswa baru, presendi, laporan keuangan siswa, raport, tata usaha dan kehumasan, pengarsipan data sarana perpustakaan, UKS dan juga untuk kebutuhan administrasi sekolah lainnya. Jadi menggunakan system ini untuk membantu sekolah untuk memantau berbagai kegiatan serta sarana pendukung pembelajaran dengan tujuan agar dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana.

Hingga sekarang Sistem Informasi Sekolah sudah digunakan banyak sekolah selama 17 tahun, dari SISKO SD, SMP, hingga SMA. Apa sih keunggulan dari SISKO, Sistem Informasi Sekolah ini? Berikut ini ulasannya.

Continue Reading

Mengenal Lifelong Learning

Banyak diantara kita yang belum tahu tentang Lifelong Learning itu apa dan apa manfaatnya tahu hal ini. Yuuk kita ngulik dan mencoba memahami hal ini. Seba setelah adanya pandemi covid-19 ini, lifelong learning ini semakin nyata dibutuhkan buat siapa saja.

Lifelong learning adalah konsep tentang belajar terus menerus dan berkesinambungan (continuing-learning), sejalan dengan fase-fase perkembangan pada manusia. Otomatis, pembelajaran tersebut dijalani secara sukarela. Nah, seperti namanya, lifelong learning dijalani seumur hidup. Penerapan Lifelong Learning merupakan proses pembelajaran dan strategi pendidikan yang mengakui semua tempat pembelajaran berlangsung, baik di tempat kerja, di tengah masyarakat, dalam keluarga, dan di setiap kehidupan sosial kemasyarakatan yang melingkunginya.

Continue Reading

Penyebab Gagalnya Digitalisasi Sekolah (Part 2)

Sebelumnya kita sudah pernah membahas penyebab gagalnya digitalisasi sekolah secara internal. Mungkin Anda belum membaca tentang gagalnya digitalisasi sekolah yang dari sudut penyebab internal maka Anda bisa klik disini.

Lalu mari kita menyelami lebih lanjut mengenai kemungkinan-kemungkinan kegagalan digitalisasi sekolah dari sudut pandang eksternal.

Sebelum membahas lebih jauh tentang penyebab gagalnya digitalisasi sekolah dari faktor eksternal maka sebaiknya kita melihat dahulu manfaatnya. Digitalisasi sekolah sebenarnya juga membawa manfaat yang luar biasa bagi lingkungan diluar sekolah. Supaya kita satu pemahaman lingkungan diluar sekolah, sebaiknya pahami dulu siapa saja lingkungan diluar sekolah itu. Lingkungan luar sekolah terdiri dari keluarga (orang tua), mitra sekolah, masyarakat dan media massa (termasuk media social). 

Continue Reading