Profesi-profesi di era DIGITAL

Masa sekarang adalah masa aplikasi sekolah, sistem informasi sekolah, aplikasi bisnis, sistem informasi bisnis dan lainnya. Inilah masa awal era digitalisasi, kami katakan masa awal karena ini akan terus berkembang semakin maju. Lalu bila era digitalisasi maka akan mucul pula profesi baru. Mari kita cermati profesi-profesi yang akan booming di masa akan datang. Profesi tersebut diantaranya adalah:

Content Writer
Saat ini banyak sekali perusahaan yang memiliki website sendiri dan membuat beberapa konten tertentu untuk memasarkan produknya atau sekadar memberikan informasi. Maka dari itu, profesi sebagai content writer saat ini sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk menjadi seorang content writer, tentunya kamu harus memiliki keahlian dalam penulisan blog atau konten, research yang baik, dan juga bisa mendeskripsikan suatu produk baik barang atau jasa dengan jelas.

Continue Reading

Sekolah Juga Harus Tahu Ini

Banyak diantara kita yang mungkin sudah tertanam pikiran sejak dulu tentang ungkapan seperti ini: sekolah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Berarti banyak orang menggantung masa depannya di sekolah, menggantungkan harapan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Kami menyadari bapak-ibu guru juga sudah sangat paham peran serta mereka dalam mempersiapkan siswa-siswinya supaya bisa meraih cita-cita mereka masing-masing. Siswa-siswi sudah menyadari bahwa mereka sekolah demi masa depan yang lebih baik. Demi meraih cita-cita profesi yang akan mereka jalani lulus dari  sekolah.

Nah… ini yang ingin kami sharing kepada bapak/ibu guru, bahwa tantangan di era digitalisas benar-benar dengan cepat mengubah wajah dunia. Demikian juga diera digitalisasi ada beberapa pekerjaan yang akan hilang atau saat ini justru sudah hilang. Dan di masa digitalisasi ini akan muncul jenis-jenis pekerjaan baru. Makanya pemerintah juga membuat program digitalisasi sekolah (termasuk menyiapkan aplikasi sekolah atau sistem informasi sekolah) sebenarnya dala rangka menyiapkan anak didik (siswa-siswi) untuk melek teknologi, melek era digitalisasi dan melek akan profesi-profesi baru.

Continue Reading

Keunggulan Aplikasi Sistem Informasi Sekolah SISKO

Saat ini beberapa sekolah dalam melakukan bermacam kegiatan administrasi sekolah menggunakan Aplikasi dan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh sekolah-sekolah adalah SISKO dari Kamadeva. Kehadiran SISKO adalah memberikan kemudahan bagi penggunanya. SISKO adalah sistem informasi sekolah yang berbasis web yang digunakan untuk memfasilitasi beberapa kegiatan administrasi sekolah.

SISKO memberi kemudahan dalam proses administrasi yang cukup rumit dengan tujuan agar lebih mudah. Seperti untuk penerimaan siswa baru, presendi, laporan keuangan siswa, raport, tata usaha dan kehumasan, pengarsipan data sarana perpustakaan, UKS dan juga untuk kebutuhan administrasi sekolah lainnya. Jadi menggunakan system ini untuk membantu sekolah untuk memantau berbagai kegiatan serta sarana pendukung pembelajaran dengan tujuan agar dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana.

Hingga sekarang Sistem Informasi Sekolah sudah digunakan banyak sekolah selama 17 tahun, dari SISKO SD, SMP, hingga SMA. Apa sih keunggulan dari SISKO, Sistem Informasi Sekolah ini? Berikut ini ulasannya.

Continue Reading

Mengenal Lifelong Learning

Banyak diantara kita yang belum tahu tentang Lifelong Learning itu apa dan apa manfaatnya tahu hal ini. Yuuk kita ngulik dan mencoba memahami hal ini. Seba setelah adanya pandemi covid-19 ini, lifelong learning ini semakin nyata dibutuhkan buat siapa saja.

Lifelong learning adalah konsep tentang belajar terus menerus dan berkesinambungan (continuing-learning), sejalan dengan fase-fase perkembangan pada manusia. Otomatis, pembelajaran tersebut dijalani secara sukarela. Nah, seperti namanya, lifelong learning dijalani seumur hidup. Penerapan Lifelong Learning merupakan proses pembelajaran dan strategi pendidikan yang mengakui semua tempat pembelajaran berlangsung, baik di tempat kerja, di tengah masyarakat, dalam keluarga, dan di setiap kehidupan sosial kemasyarakatan yang melingkunginya.

Continue Reading

Penyebab Gagalnya Digitalisasi Sekolah (Part 2)

Sebelumnya kita sudah pernah membahas penyebab gagalnya digitalisasi sekolah secara internal. Mungkin Anda belum membaca tentang gagalnya digitalisasi sekolah yang dari sudut penyebab internal maka Anda bisa klik disini.

Lalu mari kita menyelami lebih lanjut mengenai kemungkinan-kemungkinan kegagalan digitalisasi sekolah dari sudut pandang eksternal.

Sebelum membahas lebih jauh tentang penyebab gagalnya digitalisasi sekolah dari faktor eksternal maka sebaiknya kita melihat dahulu manfaatnya. Digitalisasi sekolah sebenarnya juga membawa manfaat yang luar biasa bagi lingkungan diluar sekolah. Supaya kita satu pemahaman lingkungan diluar sekolah, sebaiknya pahami dulu siapa saja lingkungan diluar sekolah itu. Lingkungan luar sekolah terdiri dari keluarga (orang tua), mitra sekolah, masyarakat dan media massa (termasuk media social). 

Continue Reading

SIM: Langkah Mudah dalam Manajemen dan Operasional Sekolah

Sisko atau Sistem Informasi Sekolah adalah sebuah sistem berbasis web yang berfungsi untuk mengakomodir berbagai kegiatan administrasi sekolah. Penggunaan Sistem Informasi Sekolah ini dapat memudahkan proses administrasi yang rumit menjadi lebih mudah. Penerimaan siswa baru, presensi, raport, laporan keuangan siswa, komunikasi antara guru dan siswa, kehumasan dan tata usaha, pengarsipan data sarana dan prasarana, hingga UKS, semua dapat dipermudah dengan bantuan Sistem Informasi Sekolah ini. 

Sistem Informasi Sekolah memiliki 2 jenis, yaitu:
1. Sisko Online
Sisko online adalah sisko yang dapat digunakan apabila sisko ini sudah terinstall pada suatu server milik sekolah. Pada tahun 2022 Kamadeva akan meluncurkan SISKO Enterprise dimana server dan data akan dikelola secara mandiri oleh sekolah. Solusi ini cocok untuk sekolah yang telah advanced dan memiliki tim IT.
2. Sisko Cloud
Sisko cloud adalah sisko yang langsung bisa dipakai oleh pihak sekolah karena server sudah disediakan oleh vendor. Jika menggunakan sisko cloud, selama perangkat terhubung dengan internet, maka sistem dapat diakses dengan mudah sehingga sekolah tidak perlu memasang perangkat khusus atau melakukan instalasi sistem. Selain itu, Anda dapat mengakses sistem informasi melalui browser apa saja dan dengan menggunakan perangkat apa saja, bahkan smartphone sekali pun.

Penjelasan lebih detail tentang SISKO dapat anda lihat di website https://sisko-online.com

Continue Reading

Apa Saja Kelebihan SISKO Untuk Administrasi Sekolah?

Dengan adanya SISKO, kini untuk mengatur administrasi sekolah tidak perlu susah sebab sudah ada sistem dengan menggunakan aplikasi tidak perlu cara manual. Seperti diketahui proses administrasi biasanya cukup memakan waktu dan juga melelahkan, oleh karena itu Kamadeva mengeluarkan yang namanya aplikasi SISKO yang bisa di akses di https://sisko-online.com

Aplikasi administrasi sekolah ini tentu saja memberikan banyak keunggulan untuk proses administrasi di sekolah yang lebih efisien dan juga lebih efektif. Berikut ini akan dijelaskan apa saja keunggulan dari SISKO!

1. Menu Lebih Lengkap
Aplikasi administrasi sekolah ini memberikan menu-menu yang sangat lengkap. Anda akan menemukan menu administrasi untuk siswa sejak melakukan pendaftaran di sekolah hingga lulus sekolah. Selain itu terdapat pula sistem yang memuat pelaporan sarana dan prasarana sekolah serta fasilitas pendukung sekolah.
Mulai dari perpustakaan UKS dan masih banyak lagi, semuanya ada pada sistem administrasi. Semua menu terlengkap yang ada di sistem administrasi sekolah membantu peningkatan sistem sekolah yang berjalan.

2. Data Dijamin Aman
SISKO menerapkan sistem teknologi cloud computing untuk keamanan data administrasi. Sistem komputasi awan ini tentu saja dapat menjaga keamanan data Anda lebih akurat. Di mana database anda akan selalu di backup secara berkala untuk kemudahan dalam pencarian data di kemudian hari.
Bahkan sistem ini mampu membantu anda untuk mengetahui nilai pada tahun ajaran sebelumnya. Untuk akses system, diterapkan pula keamanan berupa kode unik dan QR code. Dengan adanya sistem keamanan yang tepat dan akurat, maka hasil cetak raport tidak kan bisa dilakukan pemalsuan.

Continue Reading

Sisko Sistem Informasi Mudahkan Proses Pengerjaan Administrasi Sekolah

Administrasi sekolah merupakan bagian penting yang harus diselesaikan dengan baik. Kini semua sekolah memanfaatkan SISKO atau Sistem Informasi Sekolah Berbasis Online. Dalam hal ini proses administrasi yang sangat melelahkan dan tidak bisa dianggap remeh.

Penggunaan sistem informasi tersebut memberikan kemudahan dalam menyelesaikan proses administrasi. Sistem tersebut bisa dilakukan mulai dari penerimaan siswa baru, laporan keuangan siswa, presensi, raport, dan lain sebagainya. Bahkan membantu seluruh kegiatan dan sarana pendukung pembelajaran dengan lebih sederhana.

Mengenal Sisko (Sistem Informasi Sekolah)

Ada dua jenis sistem informasi sekolah yang bisa digunakan dalam keseharian, yakni:

Sistem Informasi Sekolah Berbasis Online
Jenis pertama yang bisa Anda gunakan adalah sistem informasi sekolah berbasis online. Sudah terinstal atau terpasang pada suatu server dari pihak sekolah. Pada tahun 2022 kamadeva akan meluncurkan layanan SISKO Enterprise dimana sekolah dapat memaintain sendiri server dan datanya. Tapi solusi ini di sarankan untuk sekolah yang telah advanced dan memiliki Tim IT.

Sistem Informasi Sekolah Cloud
Jenis kedua adalah sistem cloud yang langsung bisa digunakan sekolah karena sudah disediakan oleh vendor. Adanya sistem ini sekolah tak perlu melakukan instalasi sistem atau perangkat khusus. Apabila perangkat sudah terhubung ke internet maka sistem tetap bisa diakses dengan mudah.

Continue Reading