Wujudkan Pilihan Jurusan yang Tepat untuk Masa Depan Gemilang!

Setiap tahunnya, pintu gerbang perguruan tinggi terbuka lebar untuk menyambut calon mahasiswa yang bersemangat. Namun, di tengah kegembiraan itu, ada satu hal yang tak boleh diremehkan: memilih jurusan yang tepat. Banyak dari kita terjebak dalam impian kuliah di kampus impian tanpa mempertimbangkan apa yang sesungguhnya ingin kita pelajari dan tekuni. Jangan biarkan kesalahan ini merenggut masa depan gemilangmu! Pilihlah jurusan dengan hati yang mantap, dan kami akan membantumu menemukan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia!

Tak dapat dipungkiri, memilih jurusan adalah keputusan yang menentukan masa depanmu. Pilihan yang tepat akan membawamu menuju prestasi dan kesuksesan, sementara pilihan yang salah bisa mengakibatkan penyesalan dan kebingungan di tengah perjalanan kuliah. Oleh karena itu, sebelum menentukan langkah, perlu waktu dan ketelitian dalam memahami minat, bakat, dan tujuan hidupmu. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa yang benar-benar ingin kau raih? Apa yang kau cintai dan kau nikmati? Jawaban-jawaban ini akan menjadi pilar kuat dalam menentukan jurusan yang tepat untukmu.

Continue Reading

Tampil Trendi dan Sesuai Aturan! Kenali Aturan Seragam Sekolah SD-SMA Terbaru dari Kemendikbud

Saat memasuki jenjang sekolah baru, siswa wajib menyiapkan seragam sekolah dan memperhatikan syarat pemakaian. Aturan seragam, khususnya untuk siswa di sekolah umum, harus mengacu pada peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Aturan seragam sekolah dapat ditemukan dalam buku Permendikbud No. 50/2022 tentang seragam sekolah untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Siswa dapat berkonsultasi dengan dress code untuk kemungkinan model pakaian.

Continue Reading

8 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Orangtua saat PPDB

Kamadeva - Pembukaan Permohonan Studi Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024 telah dimulai di beberapa tempat. PPDB 2023 terbuka untuk semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD sampai SD, SMP sampai SMA dan SMK sejenis.


Orang tua harus memahami bahwa PPDB 2023 juga akan dibuka dengan cara yang berbeda yaitu zonasi, verifikasi, pengalihan tanggung jawab orang tua atau wali dan jalur akses.


Terkait pendaftaran PPDB 2023, ada 8 pertanyaan umum yang sering ditanyakan calon mahasiswa dan orang tua saat mengikuti PPDB.
Berikut 8 pertanyaan umum seputar PPDB yang diambil dari laman Instagram @ditpsd:

Continue Reading

Berapa Syarat Usia Minimal Masuk TK dan SD di PPDB 2023? Ini Infonya

Kamadeva - Orang tua yang mendaftarkan anaknya pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB 2023) Tahun 2023 harus mengetahui persyaratan minimal PPDB pada saat mendaftarkan anaknya. Padahal, persoalan kuno ini juga menjadi prioritas Pilkada PPDB 2023, terutama bagi yang mengajukan lewat jalur zonasi.

Lantas apakah ada syarat minimal pendaftaran PPDB 2023? Persyaratan usia PPDB 2023 ternyata diatur dalam Permendikbud nomor 1 tahun 2021.

Continue Reading

Masih Buka Pendaftaran Beasiswa di Juni 2023, Buruan Daftar!

Kamadeva - Beasiswa adalah bantuan dari negara, perusahaan, dan perorangan dalam bentuk uang kuliah dan uang saku. Beasiswa dapat memudahkan siswa untuk melanjutkan studi.

Saat ini, beasiswa tersedia di berbagai tingkatan, mulai dari beasiswa untuk sekolah menengah atas, perguruan tinggi, dan staf pengajar. Dengan begitu, kekurangan dana bukan lagi menjadi kendala untuk melanjutkan studi.

Banyak beasiswa telah dibuka pada tahun 2023. Bagi peminat yang sedang mencari beasiswa, berikut daftar beasiswa yang masih dibuka pendaftarannya di bulan Juni 2023. Cek!

Continue Reading

ChatGPT Menang dari Dokter Manusia di Kuis Medis

Kamadeva - University of California melakukan kuis media pengobatan manusia menggunakan ChatGPT. Hasilnya mengejutkan, ChatGPT bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Studi tersebut mencoba menguji respons empatik dokter dan chatbot AI ChatGPT dengan memeriksa mana yang berkinerja lebih baik dalam menjawab 195 pertanyaan medis.

Masalahnya, banyak dokter kurang empati terhadap pasiennya. Mereka dirancang agar terlihat seperti robot tanpa emosi yang sarat dengan pengetahuan medis. Untuk melanjutkan penelitian ini, para peneliti merancang pertanyaan yang dipublikasikan sebagai "AskDocs" di Internet. Studi tersebut mencakup pertanyaan seperti seberapa berbahaya menelan tusuk gigi atau apakah mereka akan mengalami gegar otak jika kepala mereka terbentur batang logam. Inilah penelitiannya.

Continue Reading

Viral, Anak Penggembala dari Lombok meraih gelar DOKTOR di North Carolina State University, Amerika Serikat

Kamadeva - Ahmad Munjizun (Jizun), seorang pemuda yang berasal dari Lombok, mendadak menjadi viral. Pidatonya saat menerima gelar doktor dari North Carolina State University di Amerika Serikat telah tersebar luas di berbagai media sosial. Jizun berhasil meraih gelar S3 Doctor of Philosophy in Animal Science melalui beasiswa Fulbright. Sejak kecil, minat dan bakatnya dalam dunia kuda sudah terlihat, bahkan ia telah menjadi joki kuda sejak usia dini.

Dalam pidatonya yang mengharukan, Jizun berbagi kisah perjalanan hidupnya dan menyampaikan pesan yang mendalam kepada keluarganya di Lombok dan teman-temannya yang selalu setia mendukungnya selama masa kuliah di Amerika Serikat. Ia dengan rendah hati menceritakan latar belakangnya dan mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus atas dukungan yang ia terima. Prestasi yang diraih oleh Jizun merupakan inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan betapa pentingnya tekad dan upaya untuk mengejar impian.

Keberhasilan yang luar biasa ini menunjukkan kekuatan transformasi pendidikan dan semangat untuk terus mengejar ilmu pengetahuan. Dari akar-akarnya di Lombok hingga ke ruang-ruang bergengsi North Carolina State University, Jizun telah menunjukkan pentingnya memiliki hasrat, dedikasi, dan dukungan dari orang-orang terdekat. Kisah Jizun menjadi pengingat bahwa tak peduli dari latar belakang mana seseorang berasal, dengan kerja keras dan ketekunan, pencapaian gemilang dapat diraih. Ia telah menjadi teladan bagi para sarjana yang bercita-cita tinggi dan menjadi sumber kebanggaan bagi komunitasnya di Lombok.

Continue Reading

94% Orang Indonesia Gunakan YouTube untuk Gali Pengetahuan

Kamadeva - YouTube adalah sarana pengumpulan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat Indonesia. Faktanya, 94 persen masyarakat Indonesia menggunakan YouTube untuk mendapatkan informasi.

“94 persen pengguna Indonesia mengatakan mereka menggunakan YouTube untuk mengumpulkan informasi dan pengetahuan,” kata Shantanu Sinha, direktur Pendidikan Google, pada Senin, 22 Mei 2023, di kantor Google Jakarta.

Shantanu mengatakan orang Indonesia juga menggunakan YouTube sebagai solusi. Secara khusus, Anda akan belajar bagaimana memecahkan masalah. 

Continue Reading