Tren Pendidikan Masa Depan Menurut Google

Kamadeva - Pemanfaatan teknologi digital untuk pendidikan berkualitas yang semakin masif di masa sekarang. Mengoptimalkan teknologi digital dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Shantanu Sinha, Vice President and General Manager Google for Education, mengatakan di Jakarta, Senin (22/5/2023) bahwa masa depan pendidikan akan ditentukan oleh tiga tren. Ketiganya mempersonalisasi pembelajaran, meningkatkan kualitas pengajaran dan bergerak menuju pembelajaran seumur hidup.

Menurut Shantanu, guru sudah memahami perlunya personalisasi pembelajaran karena setiap orang itu unik, mulai dari motivasi hingga gaya belajar hingga kecepatan belajar. Guru harus paham tentang pengembangan talenta masing-masing siswa. Namun, karena jumlah siswa yang banyak dan usaha yang lebih besar, tidak mudah dan memakan waktu.

“Dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi adaptif, personalisasi pembelajaran menjadi lebih mudah. ??Siswa dibantu untuk menerima informasi dengan cara yang paling sesuai untuk mereka,” katanya.

Penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan juga semakin menarik perhatian para guru. Anda dapat menggunakan metode pengajaran baru, menghemat waktu, dan membawa banyak peluang positif lainnya. “Oleh karena itu, kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran harus diperkuat. Belajar melalui teknologi pendidikan membuat siswa tetap terhubung, terlibat, dan belajar dengan menyenangkan,” ujar Shantanu, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO dan COO Khan Academy.

Continue Reading

Launching Apps di Lifeway School

Grha Karya Jody, 19 Mei 2023 - Lifeway School, sekolah berkurikulum internasional dan ternama di kota Yogyakarta, merayakan momen penting dalam sejarah pendidikan mereka dengan meluncurkan aplikasi terbaru mereka, Lifeway Digital School. Acara yang diadakan hari Jumat ini berlangsung meriah di Grha Karya Jody dan dihadiri oleh seluruh tim Lifeway serta orang tua murid.

Dalam acara tersebut, Lifeway memperkenalkan Lifeway Digital School sebagai langkah inovatif dalam meningkatkan pengalaman belajar para siswa. Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran online yang interaktif dan mudah diakses. Dengan berbagai fitur yang canggih, aplikasi ini memungkinkan siswa untuk mengakses materi pelajaran, tugas, dan sumber belajar lainnya dengan mudah.

Selama acara, para tamu diundang untuk mengenal lebih dalam tentang fitur-fitur unggulan Lifeway Digital School. Mereka dapat melihat demonstrasi langsung dari tim aplikasi dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana aplikasi ini dapat memperkaya proses pembelajaran siswa.

Para orang tua murid yang hadir sangat antusias dengan peluncuran Lifeway Digital School. Mereka melihat potensi besar dari aplikasi ini untuk membantu anak-anak mereka belajar dengan lebih efektif dan efisien. Banyak dari mereka mengungkapkan harapan mereka bahwa aplikasi ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan akademik anak-anak mereka.

Kepala Yayasan Sekolah Lifeway, memberikan sambutan hangat dalam acara tersebut. Ia menyampaikan apresiasinya kepada tim yang telah bekerja keras untuk mewujudkan aplikasi ini. Beliau juga mengungkapkan keyakinannya bahwa Lifeway Digital School akan membawa perubahan positif dalam pendidikan di Lifeway dan membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka.

Dengan peluncuran Lifeway Digital School yang sukses ini, Lifeway kini memasuki babak baru dalam perjalanan pendidikan mereka. Mereka berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan pengalaman belajar siswa melalui teknologi yang inovatif. Semua mata kini tertuju pada Lifeway Digital School dan harapan besar terhadap manfaatnya yang akan dirasakan oleh para siswa Lifeway.

Kamadeva sebagai mitra dalam proses pengembangan aplikasi tersebut juga sangat senang melihat antusiasme sekolah dalam mewujudkan digitalisasi sekolah. Kami (Kamadeva) mengucapkan selamat buat Lifeway School yang telah berani dan membuktikan bahwa digitalisasi sekolah sangat nyata perannya dalam membangun kemajuan masa depan sekolah.

Ingin tahu lebih banyak tentang Lifeway School, silahkan klik disini.

Continue Reading

School Branding in Society Era 5.0

Kenali Penyebabnya, Kenapa Sekolah Anda Kurang Dipercaya Masyarakat

Persaingan antar sekolah sudah semakin ketat. Jika Sekolah Anda  tidak bisa membentuk citra yang menarik minat customer, sekolah anda tidak akan dilirik oleh peserta didik. 

Banyak kepala sekolah dan para guru yang kurang paham dalam membangun brand sekolahnya, sehingga citra sekolahnya kurang dipercaya di benak masyarakat. Tidak mengherankan apabila jumlah siswanya setiap tahun mengalami penurunan. Temukan jawabannya dalam Webinar School Branding, membantu Team Anda menciptakan “Brand sekolah”  yang dipercaya, diingat dan diakui customer Anda.

Siapa yang harus ikut?
Akan lebih powerfull jika anda ikut bersama dengan tim anda:
1. Kepala Sekolah
2. Wakasek, Humas Sekolah
3. Koordinator PPDB
4. Para guru

Narasumber : Markus Tan
Founder Kreasi Sekolah Terbaik 
Konsultan Marketing & Branding Pendidikan

Moderator : Sugeng Priyanto
Direktur Signifikan Bina Insan
Trainer & terapis

Dimana dan kapan?
Sabtu, 25 Feb 2023
Pk. 09.00 – 12.00 WIB

Webinar FREE via Zoom Meeting
Tempat terbatas
Link Pendaftaran : 
Google Form atau 0881-0366-07691 (WA)

 

 

Continue Reading

Bakal Dapat Sertifikat Microsoft Sebanyak 5000 Guru Dalam Bentuk Beasiswa Pelatihan

Dalam era digital ini, sangat penting bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dan memahami bagaimana teknologi dapat membantu dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, program beasiswa Master Trainer Orbit Guru Merdeka (OGM) diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Tidak hanya meningkatkan keterampilan, program ini juga membantu para guru untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dengan efisien. Melalui program ini, para guru akan memperoleh sertifikat berskala internasional, Microsoft Certified Educator. Mulanya beasiswa Master Trainer OGM direncanakan untuk 3.200 guru saja, tetapi kemudian ditingkatkan untuk 5.000 penerima. Para guru yang lulus seleksi bisa melakukan cek email dan WhatsApp. Disebutkan dalam unggahan snapgram Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, pada 31 Januari 2023 lalu, penerima yang lulus telah diumumkan.

Continue Reading

Cara Daftar Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024

Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 untuk sekolah dibuka mulai Senin, 6 Februari 2023 pukul 18.00 WIB sampai Jumat, 31 Maret 2023 lewat platform Merdeka Belajar.
Sekolah yang dapat mendaftar Kurikulum Merdeka adalah satuan pendidikan yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Perlu diketahui, pendaftaran melalui platform Merdeka Mengajar hanya diperuntukan bagi satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek," tulis Kemendikbudristek dalam situsnya, dikutip Senin (6/2/2023).

Continue Reading

Nono Si Jenius Matematika Terpilih Ikut Olimpiade Tingkat Asia

Nono adalah bocah jenius matematika asal NTT yang berhasil menjuarai lomba matematika tingkat dunia Abacus Brain Gym 2022. Nono, yang akrab disapa dengan nama lengkap Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, berhasil menyelesaikan 15.201 file dalam waktu satu tahun dengan total 152.010 soal yang diujikan. Selanjutnya Nono terpilih untuk berpartisipasi dalam kompetisi Asia Science and Math for Primary and Secondary School (ASMOPSS). Nono adalah siswa yang luar biasa yang telah mencapai keberhasilan besar dalam kompetisi matematika, termasuk memenangkan Olimpiade Matematika Internasional.

Continue Reading

Mas Menteri Semangati Para Pelaku Program Penggerak di Sulawesi Utara

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Makarim menyemangati para pelaku Program Guru Penggerak (PGP), Sekolah Penggerak, dan Program Organisasi Penggerak (POP) di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Menurutnya, mereka adalah ujung tombak transformasi pendidikan melalui Merdeka Belajar.

"Ujung tombak perubahan semuanya ada di tangan Bapak/Ibu, bukan di tangan pemerintah, tapi di masing-masing sekolah," kata Nadiem Makarim dalam Dialog Mendikbud bersama Komunitas Penggerak Provinsi Sulawesi Utara di SMP Lokon St Nikolaus Kota Tomohon, Jumat (6/1/2023).

Continue Reading