Mendikbud Yakin Implementasi Kurikulum 2013 Terlaksana Sesuai Jadwal

Bandung - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yakin penerapan kurikulum 2013 bisa dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang. "Kurikulum 2013 ini akan tetap kita laksanakan pada tahun ajaran 2013 - 2014, mulai Juli mendatang, sekarang masih ada waktu untuk melengkapi kekurangan," kata Mendikbud dalam acara sosialisasi Kurikulum 2013 di Aula Dinas Pendidikan Jawa Barat di Bandung, Sabtu (16/3) kemarin.

Saat ini, menurut mantan Menkominfo tersebut, persiapan yang paling mendasar adalah buku. "Karena buku ini akan dipakai dalam pelatihan guru dan sekaligus dipakai anak-anak kita bulan Juli nanti," ujar Menteri Nuh. Mendikbud berharap penyiapan buku tersebut dapat selesai dalam waktu dekat ini, sesuai jadwal yang ditetapkan.

Continue Reading

762.690 Siswa Bakal Bersaing Lewat SNMPTN 2013

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 762.690 siswa kelas XII dari 1,7 juta yang tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mendaftar untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan sekitar 135.000 kursi yang disediakan oleh 61 PTN.

Ketua Panitia Umum SNMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan bahwa jumlah peserta pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Tidak hanya jumlah peserta yang naik, jumlah kursi yang diperebutkan juga meningkat sekitar 30.000 kursi dari tahun lalu.

"Angka ini meningkat pesat jika dibandingkan pada jumlah peserta SNMPTN jalur undangan pada tahun lalu," kata Akhmaloka saat Peluncuran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Continue Reading

Mendikbud Luncurkan Seleksi Bersama Masuk PTN 2013

Jakarta -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meluncurkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2013 di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (16/3/2013). Kegiatan seleksi dilaksanakan serentak di 62 PTN di Indonesia termasuk IAIN Walisongo Semarang yang mulai bergabung pada tahun ini.

Ketua Panitia SBMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, SBMPTN merupakan mekanisme seleksi masuk PTN selain SNMPTN, yang dilakukan melalui ujian tertulis dan atau keterampilan.  Seleksi  ditujukan bagi siswa lulusan SMA sederajat tahun 2013 yang tidak lolos melalui jalur undangan  pada SNMPTN. “Kesempatan ini juga ditujukan bagi siswa yang lulus UN pada tahun 2011 dan 2012,” katanya.

Continue Reading

16.495 Siswa SD/MI Pamekasan Akan Ikuti UN

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sebanyak 16.495 siswa kelas akhir sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Pamekasan, Madura, akan mengikuti ujian nasional yang akan digelar 6 hingga 8 Mei 2013.

Menurut Kabid TK/SD Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Prama Jaya, Kamis, ke-16.495 siswa itu 11.748 orang siswa SD, sedangkan MI 4.672 orang dan saat ini mereka telah mendapatkan bimbingan khusus di sekolahnya masing-masing.

"Mereka berasal dari 767 lembaga pendidikan yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan. Rinciannya, jumlah lembaga SD yang terdata mengikuti UN kali ini sebanyak 471 lembaga, sedangkan MI sebanyak 296 lembaga," kata Prama Jaya, Kamis (14/3/2013).

Continue Reading

Indonesia Ikuti Pameran Pendidikan di China

Beijing, China -- Pemerintah Indonesia melalui Atase Pendidikan KBRI Beijing China ikut serta memeriahkan pameran pendidikan di China yang bertajuk China International Education Exhibition Tour (CIEET 2013). Pameran pendidikan ini berlangsung di China Agriculture Exhibition Center Beijing pada tanggal 9 hingga 10 Maret 2013, dan dilanjutkan di beberapa kota lainnya seperti kota Shenyang, Xi'an, Shanghai, Hetei, Fuzhou, dan Guangzhou. Pemaran tersebut diikuti oleh 424 peserta dari 29 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Tujuan Atase Pendidikan KBRI Beijing ikut serta dalam pameran ini antara lain untuk mempromosikan perguruan perguruan tinggi di tanah air yang termasuk dalam kategori 58 Most Promising Universities (berdasarkan hasil evaluasi kualitas sistem pelayanannya). Beberapa universitas di Indonesia bahkan mengirimkan wakilnya dalam pameran ini, antara lain ITB, IPB, UNAIR, UNHAS, UPI, UGM, ITS, dan lain-lain.

Continue Reading

Kurikulum 2013 Ditelanjangi di ITB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah diskusi terbuka yang digelar oleh majelis guru besar Institut Teknologi Bandung khusus membahas mengenai rencana pemberlakuan kurikulum 2013 oleh pemerintah, Rabu (13/3/2013). Disana, substansi kurikulum dipaparkan untuk ditunjukkan kelemahan pada substansi, redaksional maupun filosofinya.

Diskusi berlangsung di Balai Pertemuan Ilmiah ITB, dihadiri oleh Ketua MGB ITB, Harijono Tjokronegoro, profesor emeritus Universitas Negeri Jakarta, Henry Alex Rudolf Tilaar, guru besar ilmu matematika ITB, Iwan Pranoto, serta guru besar ITB Imam Buchori Zainuddin. Diskusi dilangsungkan dalam dua sesi dengan sesi tanya jawab di antaranya.

Continue Reading

Pustekkom Harus Mampu Fungsikan TIK sebagai Pemungkin

Tangerang Selatan -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengharapkan agar Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada tingkatan pemungkin (enabler), untuk kemajuan pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Menurut Menteri Nuh, ada tiga layer atau tahapan pemanfaatan TIK yang dapat dijalankan, yaitu sebagai pendukung atau fungsi support, penggerak (driver), dan fungsi pemungkin. "Pustekkom diharapkan mampu memanfaatkan TIK pada tahapan pemungkin ini, memungkinkan apa yang sebelumnya tidak dimungkinkan," kata Mendikbud saat meresmikan Wahana Jelajah Angkasa di kantor Pustekkom Tangerang Selatan, Rabu (13/3/2013).

Continue Reading

UN 2013, Variasi Soal Bertambah Pengawasan Meningkat

Jakarta --- Dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2013 dipastikan setiap siswa akan mengerjakan paket soal yang berbeda. Karena dalam satu ruang ujian disiapkan 20 paket soal yang ditandai dengan barcode, tidak seperti tahun lalu yang hanya menggunakan lima variasi soal. Tujuannya, agar siswa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal ujiannya, daripada harus mencoba melakukan kecurangan selama ujian berlangsung.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) M. Aman Wirakartakusumah, Kamis (7/3), di Jakarta. “Dalam bahasa positifnya, tujuan variasi soal adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengerjakan soalnya masing-masing,” tuturnya.

Continue Reading