Mas Menteri Semangati Para Pelaku Program Penggerak di Sulawesi Utara

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Makarim menyemangati para pelaku Program Guru Penggerak (PGP), Sekolah Penggerak, dan Program Organisasi Penggerak (POP) di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Menurutnya, mereka adalah ujung tombak transformasi pendidikan melalui Merdeka Belajar.

"Ujung tombak perubahan semuanya ada di tangan Bapak/Ibu, bukan di tangan pemerintah, tapi di masing-masing sekolah," kata Nadiem Makarim dalam Dialog Mendikbud bersama Komunitas Penggerak Provinsi Sulawesi Utara di SMP Lokon St Nikolaus Kota Tomohon, Jumat (6/1/2023).

Continue Reading

Kalender Pendidikan SD-SMA DKI Jakarta 2023, Cek Jadwal Libur Semester ini

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 DKI Jakarta menjadi acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran para siswa SD, SMP, SMA, hingga SMK. Selesai menikmati liburan akhir semester ganjil, kini siswa sekolah telah kembali masuk dan memulai semester genap tahun akademik 2022/2023. Yuuk cek libur di semester ini dan jadwal lainnya.

Continue Reading

Hari 'Kejepit' 2023 yang Perlu Siswa Tahu, Diusulkan Jadi Libur Nasional!

Informasi kali ini pasti para sedang dicari oleh para siswa. Mau tahu apa itu? Yuups... ini informasi hari kejepit nasional di tahun 2023. Dan kali ini kalian pasti setuju dengan usulan pak Sandi sebagai menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk diliburkan saja. Pernyataan ini dia ungkapkan melalui postingan Instagram pribadinya pada Jumat (6/1/2023).

Continue Reading

Lion Air & Super Jet Air buka lowongan bagi SMK dan SMA

Apakah Anda mencari pekerjaan, atau sedang mencarikan lowongan kerja bagi putra-putri Anda?


Ada info lowongam menarik dari 2 maskapai penerbangan yang di awal tahun ini, mereka buka lowongan pramugara-pramugari dari lulusan SMA dan SMK.

Ini kesempatan bagus bagi Anda yang baru lulus SMA maupun SMK untuk berkarir di dunia penerbangan komersil. Penasaran ingin tahu maskapai mana saja?
Simak informasi berikut ini.

Continue Reading

Teras Sekolah, Layanan Transparansi di Sekolah

Apakah Anda tahu negara mana yang pendidikannya terbaik?
Jawabannya Finlandia. Yang benar negara itu melalui berbagai penilaian lembaga-lembaga internasional berhasil menyabet ranking tertinggi. Seperti diungkapkan melalui Education Rankings by Country 2021 yang dikeluarkan oleh World Population Review, Finlandia menempati posisi ketiga negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Sementara data dari PISA, Finlandia menjadi satu-satunya negara yang dimana siswanya memiliki kemampuan literasi dan tingkat harapan hidup yang tinggi. PISA sendiri merupakan penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga tahun sekali untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development).

Continue Reading

Pasca Pandemi, Sungguh Pilu Nasib Sekolah

Sekolah-sekolah sudah 2x stelah masa pandemi melakukan penerimaan siswa-siswi baru atau yang di kenal dengan PPDB. Hal itu dilakukan ditahun ajaran 2021 - 2022, waktu itu jumlah siswa yang mendaftar sekolah sangat sedikit. Hal ini bisa dilihat dalam berita-berita media yang disampaikan. 

"Selain itu juga ditemukan kecenderungan penurunan angka pendaftaran siswa baru di kelas awal tahun ajaran baru 2021/2022 jika dibandingkan tahun lalu," ujar Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbang dan Perbukuan), Kemendikbudristek Suhadi, dikutip dari laman resmi Ruang Guru PAUD Kemdikbud, Jumat (9/7/2021).

Continue Reading

10 Life Skill Rekomendasi WHO yang Harus Dimiliki Pelajar

Jika tidak memiliki skill atau kemampuan diri, akan ada masalah pun hanya membuat diri berputus asa. Oleh karena itu pelajar masa kini haruslah mempunyai keterampilan hidup (life skill) yang bisa menolong mengatasi berbagai persoalan dalam hidup. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 10 life skills demi menjaga kesehatan mental. Dilansir dari laman kompas.com, berikut rinciannya.

1. Pemecahan masalah (problem solving)
Memecahkan masalah, artinya memahami apa itu masalah, awal mula masalah muncul, faktor-faktor yang memperburuk masalah, solusi yang tepat, dan bagaimana memilih solusi yang terbaik.

2. Pengambilan keputusan (decision making)
Sebelum mengambil keputusan, Anda harus membuat daftar pro dan kontra, kerugian dan keuntungan, risiko yang terlibat. Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang tepat.

Continue Reading

Papua Football Academy untuk Papua Maju

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/08/2022).

Presiden menyampaikan, Tanah Papua telah melahirkan sejumlah talenta berbakat di bidang olahraga sepak bola, mulai dari Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.

“Ingin seperti mereka, legenda-legenda ini? Jalannya sudah ada, di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy,” ujar Presiden.

Kepala Negara menceritakan, saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 dirinya telah meminta komitmen PT. Freeport Indonesia untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Papua termasuk di bidang olahraga.

Continue Reading