Simak 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dari Ditjen Dikti

KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2022 adalah memilih jurusan kuliah. Meski terdengar sederhana, namun menentukan jurusan kuliah ini cukup sulit dilakukan. Calon mahasiswa harus banyak berdiskusi dan mencari banyak referensi sebelum menentukan jurusan di perguruan tinggi. Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman. Padahal belum tentu jurusan tersebut sesuai dengan bakat dan minatmu. Jika kamu salah memilih jurusan, pasti akan membawa dampak tidak bagus selama menjalani perkuliahan kelak.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek) membagikan beberapa tips memilih jurusan bagi calon mahasiswa yang masih bimbang.
Tips memilih jurusan kuliah yang tepat Merangkum dari akun Instagram resmi Ditjen Diktiristek, Kamis (20/1/2022), berikut 4 tips memilih jurusan yang tepat.

1. Pahami minat dan bakat yang dimiliki Ketahui minat dan bakatmu terlebih dahulu. Dengan mengenali potensi yang ada pada dirimu, lalu bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.

Continue Reading

Kemendikbud Ristek Bakal Tentukan Kurikulum Nasional pada 2024

KOMPAS.com - Pelaksana Tugas Kepala Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Supriyatno mengatakan saat ini kurikulum prototipe sudah diterapkan di 2.500 satuan pendidikan yang tergabung dalam program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2021.

Namun mulai tahun 2022, terang dia, satuan pendidikan yang tidak termasuk sekolah penggerak pun diberikan opsi untuk dapat menerapkan kurikulum prototipe.

“Tidak ada seleksi sekolah mana yang akan menggunakan Kurikulum Prototipe, namun yang kami lakukan hanya pendaftaran dan pendataan. Sekolah-sekolah dapat menggunakan kurikulum prototipe secara sukarela tanpa seleksi," ujar Supriyatno dalam kegiatan Sosialisasi Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu, Senin (17/1/2022), seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek

Baru nanti tahun 2024, kata dia, Kemendikbud Ristek akan menetapkan kebijakan mengenai kurikulum mana yang akan dijadikan kurikulum nasional untuk pemulihan pembelajaran.

Continue Reading

Mendikbud Ristek Dorong Cepat Penggunaan Kurikulum Prototipe

KOMPAS.com - Saat berkunjung ke salah satu Sekolah Penggerak di Kota Bandung, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan kurikulum prototipe merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan perubahan dalam pengembangan karakter dan pola pikir siswa. Melalui kurikulum prototipe, kata Mendikbud Ristek, bisa mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Lalu bisa memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. "Dengan kurikulum ini, kita ingin menciptakan perubahan pada anak yang memiliki kemampuan berkolaborasi, kemampuan berpikir kritis, belajar berdebat, dan membuat inisiatif-inisiatif sesuai dengan kebutuhannya," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (18/1/2022). Di sisi lain, kurikulum prototipe memberi fleksibilitas dan ruang besar bagi kearifan lokal, sehingga setiap satuan pendidikan dapat menunjukkan karakter dan keunikannya masing-masing. "Ini adalah kesempatan bagi Bapak/Ibu guru untuk melakukan perubahan, jadi mohon untuk tidak disia-siakan," ucap Menteri Nadiem. Senada dengan itu, Kepala SMPN 2 Kota Bandung, Erni Kusniati menuturkan sekolahnya telah menerapkan kurikulum prototipe untuk siswa didik kelas VII. "Kurikulum prototipe ini memberikan kemerdekaan kepada sekolah untuk menerapkan sistem pembelajaran sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Continue Reading

Beasiswa Fulbright AS 2022 Dibuka untuk Guru SD-SMA, Yuk Daftar!

Jakarta - Beasiswa Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program untuk guru internasional atau Fulbright DAI sedang dibuka untuk para guru SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Beasiswa ini disponsori oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.
Selain Indonesia, beasiswa Fulbright DAI juga menyediakan kesempatan bagi guru-guru di negara lain, seperti Brazil, Finlandia, Maroko, New Zealand, Taiwan, dan lain sebagainya.
Pihak panitia yang berasal dari Fulbright Foreign Scholarship Board (FFSB) akan menyeleksi para guru berdasarkan pengalaman profesional, pelatihan akademik, ide penelitian, dan potensi kepemimpinan.

Dukungan pendidikan ini diperuntukkan kira-kira untuk 50 pengajar. Program beasiswa sendiri akan dimulai pada Agustus 2023 dan berakhir di Desember 2023.

Perlu diketahui juga, beasiswa Fulbright DAI adalah beasiswa non gelar dan dilaksanakan selama satu semester. Seperti apa syarat dan keuntungan beasiswa ini?

Continue Reading

Ketua DPD RI Dukung Inovasi Kurikulum Sekolah Persiapkan Basis Ekonomi Siswa

JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung inovasi kurikulum sekolah untuk mempersiapkan basis ekonomi siswa setelah lulus dari bangku sekolah.Hal itu dikatakan LaNyalla menanggapi kolaborasi positif platform e-commerce melalui program kurikulum bisnis digital di SMKN 1 Kota Bogor. "Kegiatan ini menjadi upaya konkret untuk mempersiapkan ekonomi yang tangguh bagi para lulusan nantinya," kata LaNyalla, Kamis (13/1/2022). Menurut LaNyalla, pilar penopang ekonomi kita adalah UMKM. Selain untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi sektor lain juga berdampak pada serapan tenaga kerja. "Langkah ini diharapkan menjadi energi untuk menciptakan pewirausaha muda dengan kemampuan dan keterampilan digital yang mumpuni, sehingga mampu menjadi pewirausaha yang mandiri, andal, dan penuh inovasi," ujarnya.
 

Continue Reading

Mengapa Sekolah Perlu Kurikulum Prototipe? Ini Penjelasan Kemdikbud

Jakarta - Kurikulum prototipe adalah opsi kebijakan kurikulum lanjutan dari Kurikulum Masa Khusus Pandemi Covid-19 atau Kurikulum Darurat untuk pemulihan pembelajaran.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Anindito Aditomo mengatakan bahwa indikasi kehilangan kemajuan belajar terlihat dalam riset BSKAP Kemendikbudristek yang menunjukkan learning loss literasi dan numerasi secara signifikan.

"Untuk literasi, learning loss setara dengan enam bulan belajar. Sementara untuk numerasi, learning loss tersebut setara dengan lima bulan belajar," katanya dikutip dari laman resmi kemdikbud.

Berikut tiga hal yang perlu diperhatikan terkait opsi kurikulum prototipe bagi sekolah:

A. Indonesia mengalami krisis belajar
Dalam instagram BSKAP Kemendikbudristek dijelaskan, berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis). Krisis tersebut semakin parah akibat merebaknya pandemi Covid-19.
Banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar.
Selain itu, beragam studi tersebut juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang curam di antar wilayah dan kelompok sosial di Indonesia.

Continue Reading

Ini Kriteria Sekolah yang Layak Terapkan Kurikulum Prototipe 2022

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengaku ada kriteria sekolah yang layak menerapkan kurikulum prototipe 2022. 
Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek, Anindito Aditomo menyebut, kriteria yang pertama adalah sekolah berminat menerapkan kurikulum prototipe 2022 untuk memperbaiki pembelajaran. 
Nantinya, kata dia, Kemendikbud Ristek akan menyiapkan materi yang menjelaskan konsep kurikulum prototipe 2022. 
"Kepala sekolah/madrasah yang ingin menerapkan kurikulum prototipe 2022, maka akan diminta untuk mempelajari materi tersebut," kata dia melansir akun Instagram pribadinya @ninoaditomo, Selasa (11/1/2022). 
Setelah mempelajari kurikulum prototipe 2022, sekolah memutuskan untuk mencoba. Dengan begitu, mereka akan diminta mengisi formulir pendaftaran dan sebuah survei singkat. 
"Jadi prosesnya adalah pendaftaran dan pendataan. Bukan seleksi," tegas dia.

Dia menyatakan, Kemendikbud Ristek percaya keberhasilan penerapan kurikulum prototipe 2022 tergantung pada kesediaan kepala sekolah/madrasah dan guru untuk memahami dan mengadaptasi kurikulum di konteks masing-masing. 
Dengan begitu, kurikulum prototipe 2022 dapat diterapkan di semua sekolah/madrasah. 
"Bukan hanya sekolah atau madrasah yang punya fasilitas bagus atau yang berada di kota saja," ungkapnya. 
Namun begitu, dia menyatakan tingkat kesiapan sekolah atau madrasah berbeda-beda.

Continue Reading

Mengapa Perlu Kurikulum Prototipe? Ini Penjelasan Kemendikbud Ristek

KOMPAS.com - Dunia pendidikan menjadi bidang paling terpengaruh sejak adanya pandemi Covid-19. 
Berbagai pihak menyebut, adanya pandemi Covid-19 ini menyebabkan hilangnya pengetahuan dan kemampuan siswa yang biasa disebut learning loss. 
Bahkan berbagai studi nasional maupun internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis). 
Banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar.

Saatnya Mengatasi krisis pembelajaran Indonesia

Mengutip dari akun Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), 
Selasa (11/1/2021), untuk mengatasi krisis dan berbagai tantangan tersebut diperlukan perubahan yang sistemik.
Termasuk kualitas guru dan kepala sekolah tentu menjadi faktor kunci dalam transformasi pembelajaran. Tapi, ada perangkat lain yang tidak kalah penting, yakni kurikulum. 
Kurikulum menentukan materi yang diajarkan di kelas. Kurikulum juga mempengaruhi kecepatan dan metode mengajar yang digunakan guru. 
"Betul bahwa guru yang hebat akan bisa menerapkan pembelajaran yang baik, apa pun kurikulumnya," urai Kepala BSKAP Kemendikbud Ristek Anindito Aditomo.  

Continue Reading