Digitalisasi Sekolah atau punah?

Banyak sekolah mencari tahu bagaimana menerapkan digitalisasi sekolah, apa saja yang harus disiapkan buat digitalisasi sekolah maupun pelatihan apa saja yang diperlukan untuk mensukseskan digitalisasi sekolah. Sebelum membahas pertanyaan-pertanyaan diatas, mari kita cermati hal dibawah berikut ini.

Ada sebuah sekolah di kota besar yang sudah menerapkan digitalisasi sekolah. Sekolah tersebut merupakan SMA swasta bonafit dan banyak orang tua yang ingin anaknya sekolah disana. Karena sekolah ini ditopang oleh yayasan yang kuat sehingga mempunyai ruang laboratorium komputer dengan fasilitas yang bagus maupun canggih. Ruang kantin dan ruang makan yang luas, ada kolam renang dan masih ada fasilitas-fasilitas yang menunjukkan seperti international school. Terus ...

Continue Reading

Mengawal Menuju SEKOLAH 4.0

Bagi bagian IT sekolah, menjadi seseorang yang bertanggung jawab dari sisi teknologi di sekolah adalah sebuah posisi yang sangat bergengsi, karena peran yang anda ambil sangat penting bagi kesuksesan dan kemajuan sekolah.

Namun adopsi teknologi di lingkungan sekolah bukan hanya masalah teknis dan tanggung jawab bagian IT (teknologi informasi) semata. Untuk membuat institusi bertransformasi dari yang sebelumnya banyak aktifitas masih di lakukan secara manual, menjadi masuk menjadi digitalisasi, di perlukan peran banyak pihak. SDM (sumber daya manusia) perlu di kelola dengan baik agar bisa maksimal dalam penggunaan teknologi.

Continue Reading

Sembuh dari Learning Loss

Kalau semua mulai pesimis tentang pendidikan di masa pandemi itu yang berbahaya. Apalagi banyak yang membahas tentang LEARNING LOSS dari sisi yang hanya bisa menyalahkan situasi dan kondisi saat ini. Banyak hal yang harus kita sadari situasi dan kondisi saat ini, diantaranya situasi dan kondisi pandemi coavid-19 bukan hal yang direncanakan atau diatur sebelumnya. Jadi pemerintah maupun dunia bisnis manapun tidak ada yang sudah siap. Hal itu juga tak lepas dari dunia pendidikan.

Dalam masa ini pasti akan terjadi learning loss, apalagi tidak semua komponen pendidikan (baca:sekolah) yang 100% siap melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Sebenarnya kondisi tersebut perlu dicermati bersama dan Pembelajaran Tatap Muka bukanlah satu-satunya obat untuk Learning Loss. Sekali lagi hal itu bukan satu-satunya solusi, masih ada solusi yang lainnya. Masih banyak solusi yang lebih tepat.

Continue Reading

Learning Loss pada masa PANDEMI

Di masa pandemi ini yang terhantam dengan berat selain sektor ekonomi ada lagi yang lainnya, yaitu sektor pendidikan. Kita semua sudah tahu di masa Pandemi Covid 19 ini pembelajaran di sekolah-sekolah diharuskan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yang akhirnya itu membawa efek samping pada pelaksanaan PJJ, dari ketidak siapan sarana dan prasarana sampai termasuk skill dari guru-gurunya. Tetapi hal tersebut bisa diatasi oleh mas menteri Nadiem Makarim dengan Sekolah Merdeka yang sudah sampai 14 program dikeluarkannya.

Akan tetapi terjadinya learning loss dibeberapa daerah tetap tidak bisa dihindari, sehingga pendidikan buat anak murid menjadi terbengkelai. Learning loss menurut The Glossary of Education Reform (https://edglossary.org/) diartikan sebagai kehilangan atau keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang merujuk pada progres akademis, umumnya terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau diskontinuitas dalam pendidikan. 

Continue Reading

Sekolah GO DIGITAL Anti Gagal

Saat ini teknologi sudah menjadi bagian dari keseharian kita, dari sejak bangun pagi hingga malam hari ketika akan kembali tidur, banyak sekali aktivitas yang kita lakukan dan bersinggungan dengan teknologi.

Dulu ketika kita mengirimkan barang atau surat, kita tidak bisa memantau, sampai di manakah kiriman kita dan apakah masih lama sebelum ahkirnya tiba di tempat tujuan.

Sekarang dengan teknologi informasi dan digitalisasi kita bisa memantau progress pengiriman paket kita, sampai dimana, delay atau ada kendala ketika pengiriman.

Dahulu ketika saya bersekolah, orang tua saya mendapatkan informasi tentang hasil belajar saya biasanya tiap tengah semester atau bahkan ada beberapa mata pelajaran yang hasil nilai baru keluar pada akhir semester ketika rapotan.

Sekarang seharusnya pengalaman saya menyekolahkan anak saya, berbeda dengan ketika orang tua saya menyekolahkan saya, karena jamannya sudah berbeda.

Continue Reading

Digitalisasi Sekolah

Perkembangan teknologi digital di era Industri 4.0 saat ini telah membawa perubahan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Menurut penelitian Hoyles & Lagrange (2010) menegaskan bahwa teknologi digital adalah hal yang paling mempengaruhi sistem pendidikan di dunia saat ini. Hal ini disebabkan karena aspek efektivitas, efisiensi dan daya tarik yang ditawarkan oleh pembelajaran berbasis teknologi digital.

Tidak ketinggalan pula bangsa kita yang saat ini sedang giat-giatnya menyuarakan untuk memanfaatkan teknologi digital. Bahkan Kemdikbudristek mempunyai berbagai program yang mengedepankan penerapan digitalisasi disekolah. Menteri pendidikan pak Nadiem menjelaskan mengenai digitalisasi sekolah sangat penting untuk segera diwujudkan. Menurutnya, pembelajaran melalui platform-platform digital menjadi peluang emas untuk mengikuti perkembangan teknologi di bidang pendidikan.

Continue Reading

Memasuki Era SEKOLAH 4.0

Selama Kamadeva lebih dari 17 tahun mendampingi sekolah dalam rangka digitalisasi banyak istilah yang telah kami gunakan, mulai dari software sekolah, sistem informasi sekolah, digitalisasi sekolah, dll.

Saat ini kami ingin mengajak sekolah untuk menggunakan istilah baru, dimana tren industri mengarah ke era 4.0, demikian pula waktu yang tepat untuk sekolah anda masuk ke era SEKOLAH 4.0, sebuah era di mana ada pengalaman baru bagi siswa ketika belajar karena saat ini sudah jaman digital, pengalaman yang berbeda bagi orang tua ketika menyekolahkan anaknya, pengalaman berbeda untuk para guru dalam melakukan kegiatan mengajar harian, pengalaman berbeda untuk para kepala sekolah dalam memonitoring kegiatan di sekolah secara realtime, pengalaman baru bagi anda selaku bagian IT di sekolah dalam mengawal digitalisasi di sekolah.

Kami sangat mengenal pengguna kami, dan semua daya upaya yang kami lakukan semua semata-mata untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pada user, memberikan pengalaman menggunakan teknologi di lingkungan sekolah.

Continue Reading

Awal Perjalanan Digitalisasi di Sekolah


Selamat bergabung dalam gerakan sekolah GO DIGITAL. Kami sangat mengapresiasi langkah yang telah bapak/ibu ambil dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan di sekolah anda. Selama beberapa waktu kedepan kami akan memberikan gambaran utuh mengenai cita-cita yang ingin kami bangun untuk turut memajukan dunia pendidikan terutama bagi sekolah anda.

Sejak berdiri pada 2004 impian kami mulai tumbuh, kami ingin melihat sekolah di Indonesia maju secara teknologi melalui pengembangan software sekolah atau aplikasi sekolah yang lebih dikenal dengan nama SISKO, karena kami melihat bahwa masa depan adalah DIGITAL. TIdak berhenti hanya bermimpi, kami mulai membangun sistem informasi untuk sekolah dengan teknologi yang ada saat itu, server harus di install di sekolah, harus ada admin yang selalu menjaga server, ruangan server harus di siapkan dengan kondusif agar tidak panas.

Banyak tantangan yang kami hadapi, mulai dari maintenance yang harus kami lakukan secara manual dengan hadir langsung ke sekolah, sampai kendala ketika server error, pengguna yang masih gagap teknologi, data yang hilang karena kena petir, server di curi dan lain-lain

Continue Reading