Problem Baru Pasca Pandemi bagi Dunia Sekolah

Bulan Januari sudah berjalan beberapa hari. Sudah ada 2 minggu lebih kita memasuki tahun 2022. Dan sekolah-sekolah sudah mulai melakukan pembelajaran offline. Saat ini ada beberapa sekolah yang melakukan pembelajaran dengan sistem pembelajaran tatap muka (PTM). Artinya sudah meminta siswa-siswi untuk belajar dengan datang ke sekolahan. 

Beberapa sekolah yang menjadi mitra dari kami (Kamadeva~red) sudah melakukan pembelajaran tatap muka, pembelajaran dengan sistem siswa-siswi hadir dilingkungan sekolah bahkan pertemuan di ruang kelas seperti biasanya. Di DKI Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya ada beberapa yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka.

Continue Reading

Kamadeva Original Limited NFTs Series

Secara harfiah, NFT atau Non-Fungible Token adalah token yang tidak dapat dipertukarkan. Melansir CNN, (10/11/2021), NFT adalah item digital yang dapat diperjualbelikan dengan teknologi blockchain dalam mata uang kripto.

Kamadeva melakukan minting seri NFT pertama di market place NFT Opensea dengan tema permainan anak tradisional Indonesia. Kegiatan ini di lakukan untuk membuka peluang dukungan dari seluruh dunia terkait project yang sedang di jalankan oleh Kamadeva, yaitu menciptakan ekosistem digital bagi sekolah-sekolah di Indonesia.
Serial NFT terbatas ini dibuat untuk mendukung proyek kami yang mengembangkan aplikasi untuk sekolah di Indonesia, untuk memberdayakan penggunaan teknologi informasi dalam rangka meningkatkan sistem manajemen dan layanan sekolah mereka.

Continue Reading

Pelopor Sekolah Digital

Menjadi bagian IT di sekolah, lekat sekali perannya dengan digitalisasi, komputer, aplikasi, jaringan internet dan berbagai lain hal teknis yang telah menjadi keseharian anda apabila anda adalah personil yang menangani berbagai hal terkait dengan software dan hardware di sekolah.

Kami sangat percaya bahwa anda pasti telah sangat berpengalaman dan sangat mengerti berbagai karakter pengguna yang ada di lingkungan sekolah, mulai dari bagaimana harus menerjemahkan visi kepala sekolah di bidang teknologi ke dunia nyata, bagian tata usaha yang tiap hari menggunakan sistem administrasi, bagian keuangan yang selalu ribet dengan laporan cashflow tiap bulan, bagian perpustakaan yang memerlukan pendekatan teknologi agar mudah dalam mengelola inventaris buku, dll

Betapa sibuknya anda tiap hari apabila harus melayani kebutuhan teknologi semua pengguna. Untuk itu apabila kita dapat berpartner kedepan sehingga sekolah anda dapat mengadopsi teknologi informasi, bukan hanya teknologi yang berjalan sendiri-sendiri di tiap-tiap bagian, namun sebuah solusi terintegrasi, dimana data semua pengguna saling terkait, dapat di gunakan bersama secara realtime, menggunakan komputer, laptop maupun smartphone android dan iphone yang di miliki oleh guru, kepala sekolah, wali kelas, siswa bahkan orang tua, dengan cara yang mudah dan tidak ribet.

Continue Reading

Digitalisasi Sekolah atau punah?

Banyak sekolah mencari tahu bagaimana menerapkan digitalisasi sekolah, apa saja yang harus disiapkan buat digitalisasi sekolah maupun pelatihan apa saja yang diperlukan untuk mensukseskan digitalisasi sekolah. Sebelum membahas pertanyaan-pertanyaan diatas, mari kita cermati hal dibawah berikut ini.

Ada sebuah sekolah di kota besar yang sudah menerapkan digitalisasi sekolah. Sekolah tersebut merupakan SMA swasta bonafit dan banyak orang tua yang ingin anaknya sekolah disana. Karena sekolah ini ditopang oleh yayasan yang kuat sehingga mempunyai ruang laboratorium komputer dengan fasilitas yang bagus maupun canggih. Ruang kantin dan ruang makan yang luas, ada kolam renang dan masih ada fasilitas-fasilitas yang menunjukkan seperti international school. Terus ...

Continue Reading

Mengawal Menuju SEKOLAH 4.0

Bagi bagian IT sekolah, menjadi seseorang yang bertanggung jawab dari sisi teknologi di sekolah adalah sebuah posisi yang sangat bergengsi, karena peran yang anda ambil sangat penting bagi kesuksesan dan kemajuan sekolah.

Namun adopsi teknologi di lingkungan sekolah bukan hanya masalah teknis dan tanggung jawab bagian IT (teknologi informasi) semata. Untuk membuat institusi bertransformasi dari yang sebelumnya banyak aktifitas masih di lakukan secara manual, menjadi masuk menjadi digitalisasi, di perlukan peran banyak pihak. SDM (sumber daya manusia) perlu di kelola dengan baik agar bisa maksimal dalam penggunaan teknologi.

Continue Reading

Sembuh dari Learning Loss

Kalau semua mulai pesimis tentang pendidikan di masa pandemi itu yang berbahaya. Apalagi banyak yang membahas tentang LEARNING LOSS dari sisi yang hanya bisa menyalahkan situasi dan kondisi saat ini. Banyak hal yang harus kita sadari situasi dan kondisi saat ini, diantaranya situasi dan kondisi pandemi coavid-19 bukan hal yang direncanakan atau diatur sebelumnya. Jadi pemerintah maupun dunia bisnis manapun tidak ada yang sudah siap. Hal itu juga tak lepas dari dunia pendidikan.

Dalam masa ini pasti akan terjadi learning loss, apalagi tidak semua komponen pendidikan (baca:sekolah) yang 100% siap melakukan Pembelajaran Jarak Jauh. Sebenarnya kondisi tersebut perlu dicermati bersama dan Pembelajaran Tatap Muka bukanlah satu-satunya obat untuk Learning Loss. Sekali lagi hal itu bukan satu-satunya solusi, masih ada solusi yang lainnya. Masih banyak solusi yang lebih tepat.

Continue Reading

Learning Loss pada masa PANDEMI

Di masa pandemi ini yang terhantam dengan berat selain sektor ekonomi ada lagi yang lainnya, yaitu sektor pendidikan. Kita semua sudah tahu di masa Pandemi Covid 19 ini pembelajaran di sekolah-sekolah diharuskan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yang akhirnya itu membawa efek samping pada pelaksanaan PJJ, dari ketidak siapan sarana dan prasarana sampai termasuk skill dari guru-gurunya. Tetapi hal tersebut bisa diatasi oleh mas menteri Nadiem Makarim dengan Sekolah Merdeka yang sudah sampai 14 program dikeluarkannya.

Akan tetapi terjadinya learning loss dibeberapa daerah tetap tidak bisa dihindari, sehingga pendidikan buat anak murid menjadi terbengkelai. Learning loss menurut The Glossary of Education Reform (https://edglossary.org/) diartikan sebagai kehilangan atau keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang merujuk pada progres akademis, umumnya terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau diskontinuitas dalam pendidikan. 

Continue Reading

Sekolah GO DIGITAL Anti Gagal

Saat ini teknologi sudah menjadi bagian dari keseharian kita, dari sejak bangun pagi hingga malam hari ketika akan kembali tidur, banyak sekali aktivitas yang kita lakukan dan bersinggungan dengan teknologi.

Dulu ketika kita mengirimkan barang atau surat, kita tidak bisa memantau, sampai di manakah kiriman kita dan apakah masih lama sebelum ahkirnya tiba di tempat tujuan.

Sekarang dengan teknologi informasi dan digitalisasi kita bisa memantau progress pengiriman paket kita, sampai dimana, delay atau ada kendala ketika pengiriman.

Dahulu ketika saya bersekolah, orang tua saya mendapatkan informasi tentang hasil belajar saya biasanya tiap tengah semester atau bahkan ada beberapa mata pelajaran yang hasil nilai baru keluar pada akhir semester ketika rapotan.

Sekarang seharusnya pengalaman saya menyekolahkan anak saya, berbeda dengan ketika orang tua saya menyekolahkan saya, karena jamannya sudah berbeda.

Continue Reading