Persiapan bagi seorang Admin SISKO

Seperti yang kita tahu, SISKO adalah sebuah sistem informasi yang sederhana untuk dipakai para user, tapi ternyata tidak sederhana bagi seorang Admin untuk dapat melakukan setting sesuai dengan kondisi dan situasi di sekolahnya.

SISKO di desain dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga tiap-tiap pengguna dapat di set hak aksesnya sesuai dengan hak dan wewenang masing-masing.

Saat setelah sukses menginstall SISKO, rata-rata administrator akan mulai kebingungan, akan mulai dari mana nih... menunya banyak, yang di setting yang mana dulu, karena awalnya SISKO di set dengan posisi database kosong.

Continue Reading

Kampus di Thailand Berbenah Diri dengan WiMax

 
Ada banyak cara untuk menjembatani kesenjangan digital. Sebuah kampus di Thailand misalnya, yang membangun jaringan WiMax untuk mengatasi polemik kesenjangan teknologi di wilayahnya.

 

Inisiatif ini dilakukan oleh Mae Fah Luang University, yang berlokasi di propinsi Chiang Rai di Thailand bagian utara. Mereka menggandeng TT&T untuk membangun jaringan Cisco WiMAX yang pertama di Asia Pasifik ini.

Dari keterangan tertulis yang diterima detikINET, Selasa (2/9/2008), proyek ini sekaligus merupakan jaringan WiMax produktif pertama di Thailand, ketika mulai digunakan di bulan September.
 

Continue Reading

Akses Teknologi Informasi di Sekolah

Sebentar lagi, institusi pedidikan yang selama ini belum bisa mengakses internet di sekolah, sebentar lagi bisa melakukannya. Menteri Pendidikan Nasional, Pak Bambang Sudibyo, mengatakan bahwa 20 ribu sekolah akan memperoleh akses pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) pada 2008.

Di sela-sela pembukaan kegiatan International Symposium on Open, Distance and E-Learning 2007 di Bali, Rabu (14/11), yang melibatkan 421 peserta dari 18 negara, Pak Menteri mengatakan pemerintah juga memberikan dana untuk pengembangan materi (contents) sehingga nantinya mampu saling tukar-menukar informasi antarsekolah.

Sumber: Republika Online (edit by admin)

Penulis: e-pedidikan.com

Continue Reading

Sekolah Berbasis Teknologi Harus Konsisten Ajarkan Budi Pekerti

suarasurabaya.net| Semakin majunya perkembangan teknologi akan membuat Indonesia semakin tertinggal kalau tidak mau menerapkannya sejak dini. Sekolah-sekolah sudah harus mulai menerapkannya baik dalam bidang akademis maupun manajemen.

Meskipun demikian sekolah berbasis teknologi harus tetap konsisten dalam mengajarkan budi pekerti, adab dan kesopanan pada muridnya. Demikian M NUH Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) saat berkunjung ke SMP Islam Al Hikmah Surabaya, Minggu (29/06).

 

Continue Reading

Modul Keuangan SISKO : solusi cerdas administrasi keuangan sekolah

Salah satu modul yang terdapat di dalam SISKO (Sistem Informasi Sekolah) ialah modul keuangan. Modul ini menampung segala kebutuhan administrasi untuk keuangan sekolah, yang salah satunya adalah transaksi pembayaran SPP.

Karena pada prinsipnya SISKO merupakan program yang terintegrasi, begitupun halnya dengan modul yang satu ini. Anda akan sangat dimudahkan dengan fasilitas tersebut, terutama dengan transaksi pembayaran SPP nya. Sistem transaksi di modul ini mirip dengan transaksional di bank. Dengan satu kali login, anda bisa menginputkan segala transaksi pembayaran.
 

Continue Reading

Software Sistem Informasi Manajemen Sekolah yang Terintegrasi

SOLUSI BAGI DUNIA PENDIDIKAN TANAH AIR
Liberalisme pendidikan telah menempatkan sekolah - sekolah lokal untuk berhadapan secara langsung dengan sekolah - sekolah asing di tanah air. Dengan keunggulan kompetitif di bidang kurikulum dan teknologi informasi, sekolah asing dapat menjadi partner pengembang kualitas pendidikan nasional atau dapat juga menjadi pesaing yang mengancam keberlangsungan sekolah lokal. Baik menjadi partner ataupun pesaing, sekolah - sekolah lokal harus mampu mengimbangi dan menyesuaikan diri melalui pengembangan manajemen dan teknologi informasinya.
 

Continue Reading

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan

Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan Sistem Informasi manajemennya agar mampu mengikuti perubahan jaman.
 

Continue Reading

Jaringan Hotspot di sekolah pendukung Sistem Informasi Berbasis Web

Di dunia pendidikan saat ini banyak sekali berkembang sistem manajemen sekolah berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Sekolah. Teknologi yang dipakai juga sangat beragam, dari sistem informasi berbasis desktop hingga yang dikembangkan dengan teknologi berbasis web.

 

Sistem yang dibangun akan sangat bermanfaat jika dapat digunakan oleh banyak pengguna (multiuser), untuk penggunaan di sekolah akan memungkinkan sistem diakses oleh Guru, Karyawan, Siswa maupun Orang Tua. Jaringan komputer adalah salah satu faktor pendukung yang mutlak diperlukan sebagai infrastruktur pendukung sistem ini.
 

Continue Reading