Penyebab Gagalnya Digitalisasi Sekolah (Part 1)

Sekolah Anda sudah menerapkan digitalisasi sekolah? Hampir semua sekolah di Indonesia sudah menerapkan digitalisasi sekolah, jangan sampai sekolah Anda ketinggalan. Kami yakin setelah adanya pandemi ini justru mendorong sekolah-sekolah menerapkan digitalisasi. Bahkan sudah ada sekolah-sekolah yang mempunyai aplikasi sekolah. Bahkan pemerintah juga sudah sepenuhnya mendukung sekolah-sekolah yang melakukan digitalisasi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kebutuhan digitalisasi sekolah menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Menurutnya, dengan digitalisasi sekolah menjadi salah satu lompatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Guru-guru bisa mengakses informasi dan materi yang lebih variatif, murid-murid bisa berpartisipasi dalam pendidikan yang lebih dinamis dan berbagai macam adopsi teknologi yang sudah terjadi di masa pandemi tidak sia-sia," katanya pada konferensi pers Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Sektor Pendidikan secara daring, Kamis (22/7). 

Continue Reading

Sisko : Panduan Lengkap Sisko Cloud untuk SD SMP dan SMA

SISKO - Sistem Informasi SekolahSisko Cloud Kamadeva – Bagaimana sekolah Anda memproses berbagai administrasi sekolah? Apakah masih menggunakan sistem manual atau sudah menggunakan aplikasi? Apakah Anda merasa kalau proses administrasi begitu melelahkan dan menghabiskan waktu? Tapi tahukan Anda kalau masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan SISKO? Proses administrasi sekolah memang menjadi salah satu masalah bagi banyak sekolah. Banyak civitas sekolah yang menganggap kalau proses administrasi adalah kegiatan yang melelahkan. Bahkan proses administrasi juga dianggap sebagai proses yang memakan banyak waktu dan tidak efektif.

Lalu, bagaimana jika seluruh proses administrasi ini bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien? Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa menggunakan sebuah sistem yang disebut SISKO.

Apa Itu SISKO?

Sebenarnya, ada beberapa penyedia dan vendor sistem informasi sekolah yang mencontek dan mengekor kepopuleran merk SISKO dan menggunakan istilah SISKO atau SISKO Cloud, namun satu-satunya pengguna merk SISKO adalah Kamadeva yang telah menggunakan nama SISKO – Sistem Informasi Sekolah sejak tahun 2004. Anda dapat membuktikan dari umur domain Kamadeva.Com yang telah terdaftar sejak 18 tahun yang lalu. Ini adalah informasi originalitas ide dan merk yang otentik dan tidak bisa di hapus karena jejak digital telah terekam secara Online.

   Domain Name: KAMADEVA.COM
   Registry Domain ID: 118659687_DOMAIN_COM-VRSN
   Registrar WHOIS Server: whois.onlinenic.com
   Registrar URL: http://www.onlinenic.com
   Updated Date: 2021-04-08T17:22:18Z
   Creation Date: 2004-04-29T04:59:49Z

Pembahasan SISKO pada artikel ini merujuk pada sistem informasi yang digunakan sekolah. Sistem Informasi sekolah atau SISKO adalah sebuah sistem berbasis web dan mobile apps yang digunakan untuk mengakomodir berbagai kegiatan administrasi sekolah. Website yang khusus membahas tentang SISKO ONLINE dapat di akses melalui https://sisko-online.com

Continue Reading

Apakah mudah kembali ke Jaman Purba?

Beberapa saat lalu kita mengalami masa eforia… masa kegembiraan yang hampir 2 tahun kita dihadapkan pada situasi pandemi yang mengharuskan mengubah seluruh tata cara kehidupan. Dan tak bisa dielakkan lagi hal ini juga kena pada situasi di dunia pendidikan. Khususnya sekolah-sekolah harus di tutup dan melakukan pembelajaran secara online. Waktu awal pandemi banyak yang jadi bingung karena dipaksa keadaan untuk bisa serba online (baca: digital). Dan akhirnya tak bisa ditolak, suka maupun tidak suka, digitalisasi sekolah harus dilaksanakan.

Bagi sebagian besar guru yang nyaman dengan offline harus berjuang 2x lebih berat. Perjuangan pertama adalah melawan dirinya sendiri yang tidak suka online atau serba digitalisasi. Setelah itu perjuangan kedua yaitu harus melatih diri untuk bisa menggunakan aplikasi dan lainnya yang serba online. Bisa Anda bayangkan betapa beratnya mereka harus mengubah diri.

Continue Reading

Persiapan PPDB, yuk Renovasi Website Sekolah

Sebentar lagi sekolah akan menghadapi masa PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) / PSB (Penerimaan Siswa Baru), banyak sekolah yang melakukan berbagai persiapan untuk menyambut warga baru yang akan bersekolah di sekolah tersebut. Biasanya yang di lakukan adalah memasang berbagai informasi berupa marketing kit baik yang bersifat fisik maupun digital.

Bentuk pemasaran yang fisik yang biasanya di lakukan oleh pihak sekolah antara lain membuat brosur, memasang iklan di koran, menasang spanduk hingga balaiho di pinggir jalan dengan tujuan meningkatkan brand awareness sekolah di mata para orang tua dan siswa yang hendak menyekolahkan anak-anak mereka.
Selain itu sekolah biasanya juga melakukan pemasaran digital baik iklan di radio, televisi, social media, menasang adword untuk mendapat impresi yang cukup dari para calon siswa hingga optomasi website agar para calon siswa bisa mendapat informasi yang cukup dan pada akhirnya tertarik untuk bersekolah di tempat tersebut.

Di masa di mana digialisasi sekolah sudah mulai tidak bisa di hindari lagi, ini adalah waktu kritis untuk sekolah bisa meningkatkan impresi para calon siswa dan orang tua, untuk itu kita akan mambahas brand awareness dari sisi website sekolah, dan kira-kira apa solusi yang bisa di ambil sekolah untuk meningkatkan jumlah penerimaan siswa baru di tahun ajaran mendatang 2022-2023.

Continue Reading

Rahasia Kaya Mendadak seperti Ghozali

Halooo… Bagaimana kabar Anda? 

Kali ini saya membahas tentang fenomena dari Ghozali, anak remaja yang mendadak kaya dari NFT. Sebelum panjang lebar membahas rahasia kaya tersebut maka ijinkan kita melihat pengertian dari NFT supaya kita mempunyai persepsi yang sama dengan hal tersebut.

NFT adalah singakatan dari non-fungible token, NFT merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata, dan berupa token yang tak dapat ditukarkan dan tidak dapat diganti, yang biasanya ditemukan di blockchain. 

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir tahun 2021. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. Contoh dari NFT itu sendiri adalah lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek.

Continue Reading

Problem Baru Pasca Pandemi bagi Dunia Sekolah

Bulan Januari sudah berjalan beberapa hari. Sudah ada 2 minggu lebih kita memasuki tahun 2022. Dan sekolah-sekolah sudah mulai melakukan pembelajaran offline. Saat ini ada beberapa sekolah yang melakukan pembelajaran dengan sistem pembelajaran tatap muka (PTM). Artinya sudah meminta siswa-siswi untuk belajar dengan datang ke sekolahan. 

Beberapa sekolah yang menjadi mitra dari kami (Kamadeva~red) sudah melakukan pembelajaran tatap muka, pembelajaran dengan sistem siswa-siswi hadir dilingkungan sekolah bahkan pertemuan di ruang kelas seperti biasanya. Di DKI Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya ada beberapa yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka.

Continue Reading

Kamadeva Original Limited NFTs Series

Secara harfiah, NFT atau Non-Fungible Token adalah token yang tidak dapat dipertukarkan. Melansir CNN, (10/11/2021), NFT adalah item digital yang dapat diperjualbelikan dengan teknologi blockchain dalam mata uang kripto.

Kamadeva melakukan minting seri NFT pertama di market place NFT Opensea dengan tema permainan anak tradisional Indonesia. Kegiatan ini di lakukan untuk membuka peluang dukungan dari seluruh dunia terkait project yang sedang di jalankan oleh Kamadeva, yaitu menciptakan ekosistem digital bagi sekolah-sekolah di Indonesia.
Serial NFT terbatas ini dibuat untuk mendukung proyek kami yang mengembangkan aplikasi untuk sekolah di Indonesia, untuk memberdayakan penggunaan teknologi informasi dalam rangka meningkatkan sistem manajemen dan layanan sekolah mereka.

Continue Reading

Pelopor Sekolah Digital

Menjadi bagian IT di sekolah, lekat sekali perannya dengan digitalisasi, komputer, aplikasi, jaringan internet dan berbagai lain hal teknis yang telah menjadi keseharian anda apabila anda adalah personil yang menangani berbagai hal terkait dengan software dan hardware di sekolah.

Kami sangat percaya bahwa anda pasti telah sangat berpengalaman dan sangat mengerti berbagai karakter pengguna yang ada di lingkungan sekolah, mulai dari bagaimana harus menerjemahkan visi kepala sekolah di bidang teknologi ke dunia nyata, bagian tata usaha yang tiap hari menggunakan sistem administrasi, bagian keuangan yang selalu ribet dengan laporan cashflow tiap bulan, bagian perpustakaan yang memerlukan pendekatan teknologi agar mudah dalam mengelola inventaris buku, dll

Betapa sibuknya anda tiap hari apabila harus melayani kebutuhan teknologi semua pengguna. Untuk itu apabila kita dapat berpartner kedepan sehingga sekolah anda dapat mengadopsi teknologi informasi, bukan hanya teknologi yang berjalan sendiri-sendiri di tiap-tiap bagian, namun sebuah solusi terintegrasi, dimana data semua pengguna saling terkait, dapat di gunakan bersama secara realtime, menggunakan komputer, laptop maupun smartphone android dan iphone yang di miliki oleh guru, kepala sekolah, wali kelas, siswa bahkan orang tua, dengan cara yang mudah dan tidak ribet.

Continue Reading