SIM: Langkah Mudah dalam Manajemen dan Operasional Sekolah

Sisko atau Sistem Informasi Sekolah adalah sebuah sistem berbasis web yang berfungsi untuk mengakomodir berbagai kegiatan administrasi sekolah. Penggunaan Sistem Informasi Sekolah ini dapat memudahkan proses administrasi yang rumit menjadi lebih mudah. Penerimaan siswa baru, presensi, raport, laporan keuangan siswa, komunikasi antara guru dan siswa, kehumasan dan tata usaha, pengarsipan data sarana dan prasarana, hingga UKS, semua dapat dipermudah dengan bantuan Sistem Informasi Sekolah ini. 

Sistem Informasi Sekolah memiliki 2 jenis, yaitu:
1. Sisko Online
Sisko online adalah sisko yang dapat digunakan apabila sisko ini sudah terinstall pada suatu server milik sekolah. Pada tahun 2022 Kamadeva akan meluncurkan SISKO Enterprise dimana server dan data akan dikelola secara mandiri oleh sekolah. Solusi ini cocok untuk sekolah yang telah advanced dan memiliki tim IT.
2. Sisko Cloud
Sisko cloud adalah sisko yang langsung bisa dipakai oleh pihak sekolah karena server sudah disediakan oleh vendor. Jika menggunakan sisko cloud, selama perangkat terhubung dengan internet, maka sistem dapat diakses dengan mudah sehingga sekolah tidak perlu memasang perangkat khusus atau melakukan instalasi sistem. Selain itu, Anda dapat mengakses sistem informasi melalui browser apa saja dan dengan menggunakan perangkat apa saja, bahkan smartphone sekali pun.

Penjelasan lebih detail tentang SISKO dapat anda lihat di website https://sisko-online.com

Continue Reading

Apa Saja Kelebihan SISKO Untuk Administrasi Sekolah?

Dengan adanya SISKO, kini untuk mengatur administrasi sekolah tidak perlu susah sebab sudah ada sistem dengan menggunakan aplikasi tidak perlu cara manual. Seperti diketahui proses administrasi biasanya cukup memakan waktu dan juga melelahkan, oleh karena itu Kamadeva mengeluarkan yang namanya aplikasi SISKO yang bisa di akses di https://sisko-online.com

Aplikasi administrasi sekolah ini tentu saja memberikan banyak keunggulan untuk proses administrasi di sekolah yang lebih efisien dan juga lebih efektif. Berikut ini akan dijelaskan apa saja keunggulan dari SISKO!

1. Menu Lebih Lengkap
Aplikasi administrasi sekolah ini memberikan menu-menu yang sangat lengkap. Anda akan menemukan menu administrasi untuk siswa sejak melakukan pendaftaran di sekolah hingga lulus sekolah. Selain itu terdapat pula sistem yang memuat pelaporan sarana dan prasarana sekolah serta fasilitas pendukung sekolah.
Mulai dari perpustakaan UKS dan masih banyak lagi, semuanya ada pada sistem administrasi. Semua menu terlengkap yang ada di sistem administrasi sekolah membantu peningkatan sistem sekolah yang berjalan.

2. Data Dijamin Aman
SISKO menerapkan sistem teknologi cloud computing untuk keamanan data administrasi. Sistem komputasi awan ini tentu saja dapat menjaga keamanan data Anda lebih akurat. Di mana database anda akan selalu di backup secara berkala untuk kemudahan dalam pencarian data di kemudian hari.
Bahkan sistem ini mampu membantu anda untuk mengetahui nilai pada tahun ajaran sebelumnya. Untuk akses system, diterapkan pula keamanan berupa kode unik dan QR code. Dengan adanya sistem keamanan yang tepat dan akurat, maka hasil cetak raport tidak kan bisa dilakukan pemalsuan.

Continue Reading

Sisko Sistem Informasi Mudahkan Proses Pengerjaan Administrasi Sekolah

Administrasi sekolah merupakan bagian penting yang harus diselesaikan dengan baik. Kini semua sekolah memanfaatkan SISKO atau Sistem Informasi Sekolah Berbasis Online. Dalam hal ini proses administrasi yang sangat melelahkan dan tidak bisa dianggap remeh.

Penggunaan sistem informasi tersebut memberikan kemudahan dalam menyelesaikan proses administrasi. Sistem tersebut bisa dilakukan mulai dari penerimaan siswa baru, laporan keuangan siswa, presensi, raport, dan lain sebagainya. Bahkan membantu seluruh kegiatan dan sarana pendukung pembelajaran dengan lebih sederhana.

Mengenal Sisko (Sistem Informasi Sekolah)

Ada dua jenis sistem informasi sekolah yang bisa digunakan dalam keseharian, yakni:

Sistem Informasi Sekolah Berbasis Online
Jenis pertama yang bisa Anda gunakan adalah sistem informasi sekolah berbasis online. Sudah terinstal atau terpasang pada suatu server dari pihak sekolah. Pada tahun 2022 kamadeva akan meluncurkan layanan SISKO Enterprise dimana sekolah dapat memaintain sendiri server dan datanya. Tapi solusi ini di sarankan untuk sekolah yang telah advanced dan memiliki Tim IT.

Sistem Informasi Sekolah Cloud
Jenis kedua adalah sistem cloud yang langsung bisa digunakan sekolah karena sudah disediakan oleh vendor. Adanya sistem ini sekolah tak perlu melakukan instalasi sistem atau perangkat khusus. Apabila perangkat sudah terhubung ke internet maka sistem tetap bisa diakses dengan mudah.

Continue Reading

Penyebab Gagalnya Digitalisasi Sekolah (Part 1)

Sekolah Anda sudah menerapkan digitalisasi sekolah? Hampir semua sekolah di Indonesia sudah menerapkan digitalisasi sekolah, jangan sampai sekolah Anda ketinggalan. Kami yakin setelah adanya pandemi ini justru mendorong sekolah-sekolah menerapkan digitalisasi. Bahkan sudah ada sekolah-sekolah yang mempunyai aplikasi sekolah. Bahkan pemerintah juga sudah sepenuhnya mendukung sekolah-sekolah yang melakukan digitalisasi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kebutuhan digitalisasi sekolah menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Menurutnya, dengan digitalisasi sekolah menjadi salah satu lompatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Guru-guru bisa mengakses informasi dan materi yang lebih variatif, murid-murid bisa berpartisipasi dalam pendidikan yang lebih dinamis dan berbagai macam adopsi teknologi yang sudah terjadi di masa pandemi tidak sia-sia," katanya pada konferensi pers Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Sektor Pendidikan secara daring, Kamis (22/7). 

Continue Reading

Sisko : Panduan Lengkap Sisko Cloud untuk SD SMP dan SMA

SISKO - Sistem Informasi SekolahSisko Cloud Kamadeva – Bagaimana sekolah Anda memproses berbagai administrasi sekolah? Apakah masih menggunakan sistem manual atau sudah menggunakan aplikasi? Apakah Anda merasa kalau proses administrasi begitu melelahkan dan menghabiskan waktu? Tapi tahukan Anda kalau masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan SISKO? Proses administrasi sekolah memang menjadi salah satu masalah bagi banyak sekolah. Banyak civitas sekolah yang menganggap kalau proses administrasi adalah kegiatan yang melelahkan. Bahkan proses administrasi juga dianggap sebagai proses yang memakan banyak waktu dan tidak efektif.

Lalu, bagaimana jika seluruh proses administrasi ini bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien? Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa menggunakan sebuah sistem yang disebut SISKO.

Apa Itu SISKO?

Sebenarnya, ada beberapa penyedia dan vendor sistem informasi sekolah yang mencontek dan mengekor kepopuleran merk SISKO dan menggunakan istilah SISKO atau SISKO Cloud, namun satu-satunya pengguna merk SISKO adalah Kamadeva yang telah menggunakan nama SISKO – Sistem Informasi Sekolah sejak tahun 2004. Anda dapat membuktikan dari umur domain Kamadeva.Com yang telah terdaftar sejak 18 tahun yang lalu. Ini adalah informasi originalitas ide dan merk yang otentik dan tidak bisa di hapus karena jejak digital telah terekam secara Online.

   Domain Name: KAMADEVA.COM
   Registry Domain ID: 118659687_DOMAIN_COM-VRSN
   Registrar WHOIS Server: whois.onlinenic.com
   Registrar URL: http://www.onlinenic.com
   Updated Date: 2021-04-08T17:22:18Z
   Creation Date: 2004-04-29T04:59:49Z

Pembahasan SISKO pada artikel ini merujuk pada sistem informasi yang digunakan sekolah. Sistem Informasi sekolah atau SISKO adalah sebuah sistem berbasis web dan mobile apps yang digunakan untuk mengakomodir berbagai kegiatan administrasi sekolah. Website yang khusus membahas tentang SISKO ONLINE dapat di akses melalui https://sisko-online.com

Continue Reading

Apakah mudah kembali ke Jaman Purba?

Beberapa saat lalu kita mengalami masa eforia… masa kegembiraan yang hampir 2 tahun kita dihadapkan pada situasi pandemi yang mengharuskan mengubah seluruh tata cara kehidupan. Dan tak bisa dielakkan lagi hal ini juga kena pada situasi di dunia pendidikan. Khususnya sekolah-sekolah harus di tutup dan melakukan pembelajaran secara online. Waktu awal pandemi banyak yang jadi bingung karena dipaksa keadaan untuk bisa serba online (baca: digital). Dan akhirnya tak bisa ditolak, suka maupun tidak suka, digitalisasi sekolah harus dilaksanakan.

Bagi sebagian besar guru yang nyaman dengan offline harus berjuang 2x lebih berat. Perjuangan pertama adalah melawan dirinya sendiri yang tidak suka online atau serba digitalisasi. Setelah itu perjuangan kedua yaitu harus melatih diri untuk bisa menggunakan aplikasi dan lainnya yang serba online. Bisa Anda bayangkan betapa beratnya mereka harus mengubah diri.

Continue Reading

Persiapan PPDB, yuk Renovasi Website Sekolah

Sebentar lagi sekolah akan menghadapi masa PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) / PSB (Penerimaan Siswa Baru), banyak sekolah yang melakukan berbagai persiapan untuk menyambut warga baru yang akan bersekolah di sekolah tersebut. Biasanya yang di lakukan adalah memasang berbagai informasi berupa marketing kit baik yang bersifat fisik maupun digital.

Bentuk pemasaran yang fisik yang biasanya di lakukan oleh pihak sekolah antara lain membuat brosur, memasang iklan di koran, menasang spanduk hingga balaiho di pinggir jalan dengan tujuan meningkatkan brand awareness sekolah di mata para orang tua dan siswa yang hendak menyekolahkan anak-anak mereka.
Selain itu sekolah biasanya juga melakukan pemasaran digital baik iklan di radio, televisi, social media, menasang adword untuk mendapat impresi yang cukup dari para calon siswa hingga optomasi website agar para calon siswa bisa mendapat informasi yang cukup dan pada akhirnya tertarik untuk bersekolah di tempat tersebut.

Di masa di mana digialisasi sekolah sudah mulai tidak bisa di hindari lagi, ini adalah waktu kritis untuk sekolah bisa meningkatkan impresi para calon siswa dan orang tua, untuk itu kita akan mambahas brand awareness dari sisi website sekolah, dan kira-kira apa solusi yang bisa di ambil sekolah untuk meningkatkan jumlah penerimaan siswa baru di tahun ajaran mendatang 2022-2023.

Continue Reading

Rahasia Kaya Mendadak seperti Ghozali

Halooo… Bagaimana kabar Anda? 

Kali ini saya membahas tentang fenomena dari Ghozali, anak remaja yang mendadak kaya dari NFT. Sebelum panjang lebar membahas rahasia kaya tersebut maka ijinkan kita melihat pengertian dari NFT supaya kita mempunyai persepsi yang sama dengan hal tersebut.

NFT adalah singakatan dari non-fungible token, NFT merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata, dan berupa token yang tak dapat ditukarkan dan tidak dapat diganti, yang biasanya ditemukan di blockchain. 

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir tahun 2021. Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. Contoh dari NFT itu sendiri adalah lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek.

Continue Reading