Seluruh SD di Kota Yogya Laksanakan Kurikulum 2013

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berkomitmen untuk melaksanakan kurikulum 2013 di semua sekolah dasar negeri dan swasta, tidak hanya 30 persen sekolah seperti yang ditargetkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Di Kota Yogyakarta, kami akan upayakan agar semua sekolah dasar negeri dan swasta pada tahun ajaran 2013/2014 sudah melaksanakan kurikulum 2013," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana, di Yogyakarta, Minggu (24/2/2013).

Menurut dia, meskipun alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk pelaksanaan kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar hanya untuk 30 persen dari total sekolah, Pemerintah Kota Yogyakarta masih bisa mengusahakan kekurangan anggaran dari dana-dana lain.

Continue Reading

Ibu Negara Luncurkan Kapal dan Rumah Pintar untuk Pulau Terdepan

Jakarta -- Guna mendekatkan layanan pendidikan untuk wilayah terdepan dan terpencil, sejumlah rumah pintar dan kendaraan pintar diluncurkan, Selasa (19/2) kemarin. Wahana layanan nonformal tersebut diresmikan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono di Markas Komando Lintas Laut Militer (Mako Kolinlamil) TNI-AL, Jakarta Utara.

"Layanan pendidikan ini adalah untuk menjangkau yang tidak terjangkau, reach the unreach," kata Ibu Ani dalam kesempatan tersebut. Ibu Negara menjelaskan, banyak keluarga Indonesia yang tinggal di daerah sangat terpencil tidak bisa menikmati pendidikan dan kemajuan di perkotaan. Oleh karena itulah kapal, mobil, motor, dan rumah pintar yang diresmikan ini tersebar di berbagai daerah terpencil dan pulau terdepan. "Mobil, motor, rumah, dan kapal pintar menjadi salah satu solusi untuk memberikan akses pada anak-anak dan masyarakat di tempat tersebut," ujarnya menambahkan.

Continue Reading

SEKOLAH DI JEPANG VS SEKOLAH DI INDONESIA

Anak saya bersekolah di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) kota Tokyo, Jepang. Pekan lalu, saya diundang untuk menghadiri acara “open school” di sekolah tersebut. Kalau di Indonesia, sekolah ini mungkin seperti SD Negeri yang banyak tersebar di pelosok nusantara. Biaya sekolahnya gratis dan lokasinya di sekitar perumahan.

Pada kesempatan itu, orang tua diajak melihat bagaimana anak-anak di Jepang belajar. Kami diperbolehkan masuk ke dalam kelas, dan melihat proses belajar mengajar mereka. Saya bersemangat untuk hadir, karena saya meyakini bahwa kemajuan suatu bangsa tidak bisa dilepaskan dari bagaimana bangsa tersebut mendidik anak-anaknya.

Continue Reading

Kurikulum 2013 Dinilai Cuma Lahirkan Generasi Tukang

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Alih-alih menunjukkan kemajuan, perubahan kurikulum dinilai malah akan membawa kemunduran seperti kembali pada abad 17-18 yang kala itu tengah masuk masa industrialisasi. Pakar pendidikan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Daniel Mohammad Rosyid, mengatakan bahwa perubahan kurikulum ini justru hanya menghasilkan generasi tukang.

Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) diminta untuk mempertimbangkan ulang penerapan kurikulum baru pada pertengahan Juli mendatang.

Continue Reading

Selamat Hari Guru

Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas dan peran penting dalam mencerdaskan bangsa. Profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru, demi kemajuan mutu dan pendidikan di Indonesia.

Penulis: Dewi Dee

Continue Reading

PRESS RELEASE SISKO v.4

Setelah sukses dengan SISKO versi 3, pada tanggal 10 Mei 2012, bertepatan dengan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2012, kAmadeva kembali mengeluarkan rilis SISKO versi 4.

Ada beberapa tambahan modul pada SISKO versi 4 ini yang sudah siap di implementasikan di sekolah seluruh Indonesia. SISKO atau software sistem informasi sekolah ini berbasis web, diciptakan untuk memudahkan sekolah dalam memaintain manajemen di sekolah sejak proses PSB (Pendaftaran Siswa Baru) hingga siswa lulus menjadi alumni. Untuk bisa menikmati layanan SISKO versi 4 ini Sekolah dapat mendownload installer software SISKO untuk jenjang sekolah SD, SMP, SMA dan SMK dengan gratis.

SISKO adalah sebuah sistem informasi sekolah berbasis web, yang  terintegrasi. SISKO mencakup modul-modul yang sangat di perlukan oleh sekolah sekolah di Indonesia. Dan diantara modul- modul tersebut adalah:
- Modul Kesiswaan

Continue Reading

Pengumuman Launching Release Installer versi 3

Sistem Informasi Sekolah (SISKO) Rilis versi 3 mengalami perubahan jadwal dari yang sebelumnya diperkirakan akan siap pada 2 Mei 2012, akan tetapi dikarenakan waktu Beta testing ada issue yang memerlukan enhancement yang signifikan, maka untuk dapat memberikan kesempurnaan dan pengalaman baru bagi pengguna SISKO maka rilis versi 3 sedikit mengalami keterlambatan, dan dengan ini kamadeva secara resmi mengumumkan bahwa pada tanggal 7 Mei 2012 jam 12.00 kamadeva akan meluncurkan SISKO versi 3.

Software Installer SISKO versi terbaru dapat di download di alamat http://download.kamadeva.com Bagi sekolah-sekolah yang masih menggunakan SISKO versi 2 dapat mendownload Update SISKO yang juga akan kami siapkan di alamat website diatas.

Apa fitur unggulan SISKO versi 3?

Continue Reading

PRESS RELEASE ... SISKO STARTER

Latar belakang SISKO STARTER
kAmadeva sebagai salah satu pengembang software system informasi manajemen sekolah, telah berperan serta guna memajukan pendidikan sekolah di Indonesia. Selama mendampingi sekolah, kAmadeva telah mengalami beberapa kali perubahan. Saat ini modul SISKO yang dicakup adalah modul kesiswaan, kepegawaian, kepala sekolah, kurikulum, keuangan, perpustakaan, inventaris, humas, alumni, sms gateway, elearning, auto update, sms auto reply, student acces terminal. SISKO adalah sebuah sistem informasi sekolah yang terpadu dan teritegrasi. Seiring dengan berkembangnya sistem manajemen sekolah, kAmadeva merilis paket baru SISKO dengan nama SISKO STARTER

Continue Reading