Kemendikbudristek Umumkan PPDB 2022 Ada 4 Jalur, Zonasi Terbanyak, Prestasi?

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tidak mengeluarkan peraturan baru untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek, Jumeri menyampaikan pedoman yang dipakai pada PPDB 2022 masih memakai Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Continue Reading

Pancasila Jadi Mata Pelajaran Wajib Sekolah, Berlaku Mulai Juli


Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib mulai tahun ajaran baru pada Juli 2022. Aturan ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Dikutip dari laman Wakil Presiden Republik Indonesia, Pancasila akan menjadi mata pelajaran tersendiri. Pancasila tak lagi tergabung dengan Kewarganegaraan seperti yang dilakukan saat ini.
"Kalau dulu Pancasila bagian dari pelajaran kewarganegaraan, sekarang kewarganegaraan bagian dari Pancasila," kata Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

BPIP telah menyusun 15 buku pelajaran Pancasila untuk tingkat PAUD hingga perguruan tinggi. Yudian mengatakan, buku tersebut telah diujicoba dan diberi masukan dari Komisi II (DPR RI) dan kementerian terkait.

Buku tersebut mengandung praktik Pancasila sebanyak 70 persen dan teori sebesar 30 persen. Untuk teori misalnya sejarah Pancasila, sedangkan praktik meliputi tindak lanjut gotong royong dan berkeadilan sosial.

"Yang intinya guru mengajak siswa berpikir untuk menemukan diri mereka dalam berPancasila di lingkungan masing-masing, sehingga diharapkan nanti akan lahir pahlawan-pahlawan dalam berbagai dimensi, yang bisa dilihat dari lingkungan masing-masing," kata Yudian.

Continue Reading

Berkah Ramadhan, Berkah Buat Sekolah

Di akhir bulan Maret kemarin kami mendengarkan himbauan dari pak Sonny selaku CEO sekaligus Founder Kamadeva, beliau mengingatkan semangat perusahaan untuk membantu sekolah lebih maju dalam sisi teknologi dan pendampingan pengembangan talenta anak didik di sekolah-sekolah. Beliau tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada team Kamadeva akan visi dari perusahaan yang semata-mata tidak hanya jualan sistem informasi sekolah, tetapi juga peduli dan empati terhadap digitalisasi sekolah.

Oleh karena itu maka kami di bulan puasa menyambut Idul Fitri 1443H ini memberikan program Berkah Ramadhan.  Apa itu program Berkah Ramadhan?
Sebuah program berbagi berkah dengan memberikan DISKON 35% kepada pemakai/pendaftar SISKO yang baru. Transaksi yang Anda putuskan dan deal di bulan ini akan kami diskon sebanyak 35% untuk termin 6 bulan atau 1 tahun atau 2 tahun. Sehingga bisa Anda bayangkan berapa banyak pembiayaan digitalisasi sekolah yang telah Anda lakukan. Ini merupakan penawaran hebat dan terbatas.

Continue Reading

Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

KOMPAS.com - Program Indonesia Pintar merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Dilansir dari laman PIP, melalui program ini, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Penggunaan Dana PIP

Pada tahun 2020, pemegang KIP Sekolah mendapatkan manfaat bantuan pembiayaan pendidikan berupa:

Continue Reading

Bungkus Jajanan Sebagai Media Pembelajaran "Label Text"

Kompas.com - Jajan merupakan istilah yang sudah sangat akrab di telinga anak dan orangtua. Siapa sangka, tulisan yang terdapat di plastik jajanan ini ternyata dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Salah satunya untuk pembelajaran Bahasa Inggris, materi "label text" yang disajikan dengan menganalisa bungkus jajanan siswa sehari- hari di sekolah.
Pembelajaran menggunakan bungkus jajan ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi oleh Ervina. Pembelajaran dilakukan untuk siswa kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Mengapa menggunakan bungkus jajanan sebagai media pembelajaran?

Alasannya antara lain karena media ini sangat mudah ditemukan dan sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat memicu mereka agar lebih meningkatkan keterampilan literasinya.

"Bukan hanya dengan cara membaca koran dan majalah saja, tetapi juga membaca keterangan pada berbagai produk, iklan maupun berbagai benda yang memiliki tulisan di atasnya," jelas Ervina.

Lantas bagaimana proses pembelajaran Bahasa Inggris "Label Text" dengan menggunakan bungkus jajanan ini berlangsung di dalam kelas?

Proses pembelajaran

Sebelum pembelajaran berlangsung, guru meminta siswa membawa satu bungkus jajanan yang ada tulisan pada plastiknya. Kemudian siswa diminta memperhatikan label atau tulisan apa saja yang ada pada bungkusan yang mereka bawa tersebut.

Continue Reading

Nadiem Makarim: Pandemi Covid-19 Mengubah Sistem Pendidikan di Dunia

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim hadir secara virtual dalam pertemuan pertama Kelompok Kerja (Pokja) Pendidikan G20 atau First Meeting Education Working Group (EdWG) 2022 di Yogyakarta, Rabu (16/3/2022). Pokja Pendidikan G20 berlangsung 3 hari, dari mulai 16-18 Maret 2022. 

Selama 3 hari itu, pertemuan dihadiri oleh 27 delegasi anggota negara G20, undangan khusus, dan organisasi internasional yang hadir secara luring, serta 64 anggota negara G20 yang hadir secara daring. Sebanyak 27 delegasi yang hadir secara luring berasal dari Argentina, Australia, Brazil, Prancis, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, UNESCO, UNICEF, dan Bank Dunia. Sedangkan 64 delegasi yang hadir secara daring merupakan delegasi dari Kamboja (Chair of ASEAN), Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Uni Eropa, Jerman, India, Italia, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Menurut Nadiem, pandemi Covid-19 telah membawa momen refleksi kepada berbagai pihak mengenai tantangan sistem pendidikan yang dihadapi dunia saat ini. Pandemi Covid-19 juga telah mendisrupsi dan mengganggu sistem pendidikan secara global serta mempengaruhi ratusan juta anak di seluruh dunia. "Karena kesejahteraan dan kemakmuran masa depan kita bergantung pada anak-anak kita, maka bersama-sama kita harus membawa perubahan mendasar dalam sistem pendidikan kita dan menjadikan pembelajaran menjadi semakin relevan dengan tantangan di abad ke-21 ini," ucap dia melansir laman Kemendikbud Ristek

Continue Reading

Penerapan "Project Based Learning" Jadi Kekuatan Pendidikan Vokasi

KOMPAS.com - Mahasiswa lulusan Pendidikan Vokasi didorong memiliki keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja. Keterampilan ini bisa diperoleh saat program magang di industri kerja langsung. Selain itu keterampilan mahasiswa juga diperoleh dari para dosen yang berkompeten. Sekolah Vokasi Undip menargetkan semua dosennya harus tersertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi (BNSP) atau lembaga asesmen lainnya tahun ini. Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Ir. Budiyono mengatakan, hal tersebut juga diharapkan bagi semua Sekolah Vokasi di Indonesia.

Tingkatkan daya saing sekolah vokasi Hal ini disampaikan Prof. Budiyono saat menerima kunjungan antar-institusi perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi yakni Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). "Kunjungan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi. Namun juga sarana untuk membahas isu-isu strategis tentang penyelenggaraan pendidikan vokasi di perguruan tinggi," papar Prof. Budi seperti dikutip dari laman Undip, Sabtu (12/3/2022). Budi mengungkapkan, meski institusi yang dipimpinnya terbilang "muda" jika dibandingkan fakultas lainnya di lingkungan Universitas Diponegoro. Pihaknya fokus untuk meningkatkan daya saing Sekolah Vokasi Undip. "Hal ini dibuktikan dari capaian Sekolah Vokasi yang kini paling tidak pada urutan keempat sebagai fakultas terbaik di Undip," imbuh Prof. Budi

Continue Reading

Bahasa Daerah Terancam Punah, Menteri Nadiem Jelaskan Faktornya

Bahasa daerah terancam punah. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyebut ada 718 bahasa daerah, yang sebagian besar berujung kritis.

Fakta ini, disampaikan Nadiem saat meluncurkan Merdeka Belajar Episode Ketujuh Belas: Revitalisasi Bahasa Daerah, Selasa (22/2/2022).

 “Saat ini para penutur jati bahasa daerah banyak yang tidak lagi menggunakan dan mewariskan bahasa ke generasi berikutnya, sehingga khazanah kekayaan budaya, pemikiran, dan pengetahuan akan bahasa daerah terancam punah,” terang Nadiem dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Guna mengatasi hal tersebut, Menteri Nadiem menekankan prinsip dari program revitalisasi bahasa daerah ini adalah dinamis, adaptif, regenerasi dan merdeka berkreasi dalam penggunaan bahasanya.

"Dinamis, berorientasi pada pengembangan dan bukan sekedar memproteksi bahasa. Adaptif dengan situasi lingkungan sekolah dan masyarakat tuturnya. Regenerasi dengan fokus pada penutur muda di tingkat sekolah dasar dan menengah, serta merdeka berkreasi dalam penggunaan bahasanya," ujarnya.

Sasaran dari revitalisasi bahasa daerah ini, adalah 1.491 komunitas penutur bahasa daerah, 29.370 guru, 17.955 kepala sekolah, 1.175 pengawas, serta 1,5 juta siswa di 15.236 sekolah.
Sementara itu, untuk komunitas penutur, Kemendikbudristek akan melibatkan secara intensif keluarga, para maestro, dan pegiat pelindungan bahasa dan sastra dalam penyusunan model pembelajaran bahasa daerah, pengayaan materi bahasa daerah dalam kurikulum, dan perumusan muatan lokal kebahasaan dan kesastraan.

Continue Reading